SDK Rosa Mystica, Biasakan Peserta Didik Menulis Buku

  • Bagikan
BONEFASIUS BAHY /TIMEX FOTO BERSAMA. Potret Kepala Dinas Pendidikan Kota Kupang, Dumuliahi Djami foto bersama dengan siswa-siswi SDK Rosa Mystica, Sabtu (2/3).

Berhasil Luncurkan Buku Karya Siswa, Guru dan Kepala Sekolah

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Sekolah Dasar Katolik (SDK) Rosa Mystica menjadi sekolah pertama di Kota Kupang, yang pertama menerbitkan buku. Penulis bukunya juga bukan hanya para guru, tetapi juga para siswa-siswi.

Untuk diketahui, ada tiga buku yang ditulis dan diterbitkan SDK Rosa Mystica dengan judul “Yang Terlihat”. Buku-buku itu ditulis oleh para peserta didik, kemudian buku kedua berjudul “Mengukir Harap Dalam Tinta Aksara” yang ditulis para guru-guru SDK Rosa Mystica.

Sementara buku yang ketiga berjudul “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Predict, Observe, Explain Pada Materi Matematika” yang ditulis oleh Kepala SDK Rosa Mystica Kupang, Sr Martha Maria Fatima Nabu, RVM.,S.Pd.

Peluncuran atau launching penerbitan ketiga buku ini digelar di Aula Imaculata Unika Widya Mandira (Unwira) Kupang, dikemas dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 SDK Rosa Mystica.

Hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Dumuliahi Djami. Dia memberikan apresiasi atas pencapaian yang telah diraih oleh Sekolah Dasar Katolik (SDK) Rosa Mystica Kota Kupang di usia ke-19.

Hal itu disampaikannya saat membuka secara resmi pameran karya peserta didik dalam merayakan, Sabtu (2/3), di Aula St. Maria Immaculata, Unwira Kupang. Dumuliahi Djami mengatakan, SDK Rosa Mystica Kota Kupang bisa menjadi salah satu sekolah model atau contoh bagi sekolah-sekolah lain.

Meburutnya, SDK Rosa Mystica Kota Kupang bisa dijadikan rujukan atau referensi untuk menghasilkan praktik-praktik baik dalam mendukung peningkatan mutu pendidikan.

“Saya memberikan apresiasi atas diterbitkan buku-buku karya guru dan peserta didik ini. Anak-anak juga harus diasah kemampuan menulisnya, sebab ini merupakan bagian dari pengembangan potensi. Selain itu, saya juga memberikan apresiasi karena literasi juga sudah mencapai 100%," ungkapnya.

Selain menyampaikan apresiasi, Dumuliahi Djami juga menyampaikan terima kasih kepada orang tua dan guru yang sudah bekerja keras dan saling berkolaborasi.

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Rumah Literasi Cakrawala yang telah mendukung peningkatan literasi di SDK Rosa Mystica Kota Kupang dan bahkan sekolah-sekolah lain di lingkup Kota Kupang. Saya berharap, kita bisa saling berkolaborasi dan bekerja dalam tim yang solid," jelasnya.

Sementara itu, Kepala SDK Rosa Mystica Kota Kupang, Sr. Martha Maria Fatima Nabu, RVM., dalam wawancaranya menyampaikan limpah terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, kerja sama dan kolaborasi yang telah dilakukan sangat bermanfaat bagi perkembangan sekolah tersebut ke depannya.

Ia juga menambahkan bahwa penyelenggaraan kegiatan tersebut merupakan bagian dari perayaan HUT sekolah. Pada kesempatan tersebut, sambung Sr. Martha, terdapat hal baru yang disuguhkan kepada para orang tua dan tamu undangan, yakni hadirnya buku-buku karya guru dan peserta didik. Hal itu, jelasnya, merupakan hasil dari proses pembiasaan dan penguatan aspek literasi di lingkungan sekolah.

“Kami selalu melakukan pembiasaan dan penguatan aspek literasi bagi guru dan peserta didik. Untuk diketahui, sesuai data rapor pendidikan, sekolah kami sudah mencapai hasil 100% untuk literasi, sehingga kami mencoba untuk merancang hasil dari literasi itu dengan menerbitkan buku sekaligus menjadi persembahan berharga di usia ke-19 ini,” tandasnya. (cr5/thi)

  • Bagikan