Daro Lomba Paduan Suara Antarpelajar se-Kota Kupang

  • Bagikan
EFRENDI NABEN/TIMEX POSE BERSAMA. Kepala Disdikbud Kota Kupang, Dumuliahi Djami (tengah jongkok) pose bersama Pengawas dan guru SMP se-Kota Kupang, Senin (22/4).

Bangkitkan Nilai-nilai Budaya

Guna membamgkitkan kreativitas para pelajar, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar lomba paduan suara. Lomba ini juga dalam rangka memperingati HUT Kota Kupang ke-138 dan hari jadi sebagai daerah otonom ke-28 tanggal 25 April.

EFRENDI NABEN, Kupang_

LOMBA paduan suara antarpelajar untjk tingkat SD/MI dan SMP/MTS se-Kota Kupang tahun 2024 kembali digelar Pemerintah Kota Kupang. Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Kupang, kompetisi tarik suara ini diikuti 168 tim baik tingkat Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Kota Kupang.

Lomba ini bertempat di Taman Budaya, Kota Kupang dan berlangsung delapan hari yakni sejak tanggal 22-29 April dan dengan diikuti oleh 168 tim dari berbagai sekolah di Kota Kupang. Acara ini dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kupang yang diwakili oleh Kepala Disdikbud Kota Kupang, Dumuliahi Djami.

Dalam sambutannya, Dumuliahi menjelaskan bahwa tujuan dari lomba paduan suara ini adalah untuk membangkitkan kembali nilai-nilai budaya, khususnya dalam bidang seni suara. Ia juga menyampaikan bahwa sejak dimulainya lomba tersebut pada tahun 2022, terjadi peningkatan jumlah peserta dalam lomba ini.

Pada tahun 2022, terdapat 61 tim dari SD/MI dan SMP/MTS se-Kota Kupang. Sedangkan pada tahun 2024, jumlahnya meningkat menjadi 168 tim. Rinciannya, 139 tim dari Sekolah Dasar (SD) dan 39 tim dari Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Saya yakin dengan peningkatan jumlah peserta ini juga berbanding lurus dengan peningkatan kualitas. Ini juara satu sampai enam pasti nilainya beda-beda tipis karena persiapan dan latihan dengan pelatih-pelatih yang andal,” tuturnya.

Dumuliahi Djami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh juri, kepala sekolah, guru pendamping, para pelatih, dan para pelajar yang ikut berpartisipasi serta menyukseskan lomba paduan suara ini.

“Saya ucapkan selamat berlomba kepada anak-anakku sekalian. Saya buka dengan resmi lomba paduan suara ini atas nama Penjabat Wali Kota Kupang,” pungkasnya.

Kepala Bidang Kebudayaan, yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Lomba Paduan Suara Antarpelajar Tingkat SD/MI dan SMP/MTS Se-Kota Kupang tahun 2024, Serlin Marlis Tiro dalam laporannya menjelaskan bahwa lomba ini digelar untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Kupang ke-138 dan hari jadi sebagai daerah otonom yang ke-28 tanggal 25 April.

“Lomba ini diikuti oleh 168 tim dari SD/MI dan SMP/MTS negeri dan swasta Kota Kupang dengan jumlah peserta 4.200 pelajar dengan jumlah tim dari SD/MI 129 tim dan 39 tim tingkat SMP/MTS,” ungkapnya.

Peserta dari berbagai SD dan SMP di Kota Kupang berjumlah ratusan dan mereka akan bersaing untuk meraih gelar juara, dengan enam pemenang dari tingkat SD dan enam pemenang dari tingkat SMP.

"Lomba yang diadakan dalam kurun waktu sepekan ini akan menentukan pemenang piala bergilir Wali Kota Kupang serta berbagai hadiah menarik lainnya," tutupnya. (*/gat)

  • Bagikan