Calon Paskibraka Lakukan Tes Kesehatan

  • Bagikan
Noce Nus Loa

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Kepala Badan Kesbangpol Kota Kupang, Noce Nus Loa bersama Kepala Bidang (Kabid) Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekosusbud Agama, Fried Tonubesi menyampaikan bahwa persiapan Paskibraka Kota Kupang saat ini telah masuk ke tahap tes kesehatan.

Menurutnya, tahun ini merupakan tahun pertama di mana proses penerimaan anggota Paskibraka dilakukan secara transparan sesuai perintah pusat. Noce menjelaskan bahwa seluruh proses penerimaan anggota Paskibraka dilakukan secara transparan menggunakan aplikasi yang telah disediakan.

"Ada beberapa tahapan seleksi yang telah dilaksanakan, mulai dari seleksi wawasan kebangsaan, tes intelijensi umum, hingga saat ini seleksi kesehatan," ungkapnya kepada Timor Express, Selasa (16/4).

Ia mengatakan, dari total 401 orang yang telah mendaftar secara mandiri dan menjalani seleksi, dengan semua proses menggunakan sistem yang transparan, berbeda dengan tahun sebelumnya yang masih dilakukan secara manual.

"Kami memastikan bahwa masyarakat dapat memantau seluruh proses seleksi ini secara langsung, sehingga semua berjalan dengan transparan dan bahkan panitia pelaksana pun ikut dipantau," tegasnya.

Setelah melewati tahap seleksi kesehatan, maka masih ada empat tahap seleksi lainnya. Yakni seleksi parade, samapta, peraturan baris-baris dan seleksi keperibadian.

Dari jumlah pendaftar, hanya 36 orang yang akan dipilih menjadi anggota Paskibraka Kota Kupang. Rinciannya yakni 18 putra dan 18 putri. Noce juga menyampaikan bahwa setelah seleksi ini selesai, persiapan teknis untuk peserta yang terpilih akan dimulai pada Juli mendatang.

"Termasuk persiapan untuk Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Paskibraka di seluruh Indonesia sesuai dengan Peraturan Kepala BPIP Nomor 1 tahun 2024," tutupnya.

Dengan demikian, proses seleksi Paskibraka Kota Kupang dilakukan dengan teliti dan transparan agar mempersiapkan para peserta yang terpilih untuk peran penting mereka dalam upacara-upacara kenegaraan di masa mendatang. (cr3/gat)

  • Bagikan