Harus Berdampak, Ansy Lema Usung Pariwisata Berbasis Komunitas

  • Bagikan
IST DEKLARASI. Relawan Milenial Manggarai Barat deklarasi dukungan untuk Ansy Lema menuju Gubernur NTT, di The Container Cafe, Labuan Bajo, Jumat (26/4).

LABUAN BAJO, TIMEX.FAJAR.CO.ID – Puluhan relawan milenial Manggarai Barat mendeklarasikan dukungannya kepada Yohanis Fransiskus Lema, S.IP, M.Si atau yang akrab disapa Ansy Lema untuk maju dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Nusa Tenggara Timur (NTT).
Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ini dinilai mampu dan pantas untuk menjadi Gubernur NTT.

Deklarasi dukungan dari Manggarai Barat tersebut dilakukan pada hari Jumat (26/4) di The Container Cafe, Labuan Bajo. Jimy Ricardus Mami, Juru Bicara (Jubir) Relawan Manggarai Barat mengatakan, Ansy Lema adalah sosok pemimpin yang berkarakter dan berintegritas. Bersih, jujur, dan transparan adalah tiga kepribadian utama yang penting dan ada dalam diri Ansy Lema.

“Kaka Ansy menjadi contoh bagaimana seharusnya seorang pemimpin bekerja. Ia memberikan laporan pertanggungjawaban setiap enam bulan kepada masyarakat. Selain itu, Kaka Ansy juga melaporkan setiap perjuangan dan kegiatan di Senayan melalui akun media sosialnya,” ujar Jimy.

Menurut Jimy, Ansy Lema memberikan benchmark atau standar yang tinggi dalam berpolitik. Berbagai perjuangan Politisi PDI Perjuangan ini dapat dilihat dengan mudah dalam media sosial ataupun pemberitaan. Misalnya, perjuangan konservasi ekosistem komodo di Taman Nasional Komodo (TNK).

“Jangan sampai ekonomi mencederai konservasi. Demi keuntungan tertentu, lalu komodo yang menjadi ikon NTT punah. Hanya Kaka Ansy satu-satunya anggota dewan yang lantang dan keras berbicara soal ini,” terang pria yang juga berprofesi sebagai pelaku pariwisata ini.

Memajukan Masyarakat Lokal

Hironimus Irwarman, Jubir Relawan lainnya mejelaskan bahwa Ansy Lema sangat peduli akan kemajuan pariwisata Manggarai Barat. Gagasan yang Ansy Lema usung adalah pariwisata berbasis komunitas. Artinya, wisata premium Labuan Bajo harus berdampak pada pendapatan daerah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat lokal.

“Kita sangat setuju dengan konsep ini. Nelayan, Tani, Ternak yang menjadi jargon Kaka Ansy sangat pas untuk mendukung pariwisata di Labuan Bajo. Ini penting supaya beras, telur, sayur, daging, dan ikan yang ada di hotel-hotel Labuan Bajo diambil dari para nelayan, petani, dan peternak Labuan Bajo dan kabupaten-kabupaten lainnya yang ada di NTT. Bukan diambil dari luar,” tegas Hironimus.

Dalam hal ini, Hironimus mengakui Ansy Lema sudah berulang kali mendesak pemerintah pusat untuk membangun sektor pertanian, kelautan-perikanan, dan peternakan. Harus ada pendampingan dan pemberdayaan dari hulu hingga hilir kepada para nelayan, petani, dan peternak yang ada di Manggarai Barat secara khusus dan NTT secara umum.

“Melihat semua rekam jejak Kaka Ansy dan perjuangannya untuk kemajuan NTT, kami menilai bahwa Ansy Lema adalah sosok yang dibutuhkan untuk bisa menduduki posisi NTT 01,” tutupnya. (adv)

  • Bagikan