Jangan Sakiti Adinda Lebu Raya

  • Bagikan
INTHO TIHU/TIMEX LAMARAN. Balon wali kota Kupang, Jefri Riwu Kore melamar Lusia Adinda Lebu Raya sebagai balon wakil wali kota, Sabtu (20/7).

Jefri Riwu Kore Lamar Lusia Adinda Lebu Raya

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Bakal calon wali kota Kupang, Jefri Riwu Kore (Jeriko) resmi melamar Lusia Adinda Lebu Raya untuk mendampinginya sebagai bakal calon wakil wali kota Kupang pada pemilihan wali kota (pilwalkot) periode 2024-2029.

Istri mantan gubernur NTT, Frans Lebu Raya ini menyatakan kesediaannya mendampingi Jeriko pada pesta demokrasi lima tahunan.

Pasangan Jeriko-Adinda yang mengusung tagline “Lanjutkan Perubahan” mendapat wejangan dari keluarga untuk tetap menjaga hubungan baik dan jangan saling menyakiti jika dipercayakan masyarakat sebagai pemimpin.

Wejangan tersebut disampaikan Ignasius Conterius, juru bicara Adinda saat acara lamaran, Sabtu (20/7).

Ia menyebut, menerima lamaran Jeriko bukan tanpa alasan dan pertimbangan matang dari Adinda maupun keluarga besar Lamaholot.

“Dalam diskusi yang berlangsung selama ini sejumlah pertimbangan diambil hingga menerima dan bersedia mendampingi Jeriko dalam pilwalkot Kupang nanti,” katanya.

Bagi keluarga, kata Ignasius Conterius, Adinda Lebu Raya bukan orang baru di dunia politik. Sebab, dirinya telah mendampingi sang suami memimpin NTT. Sehingga memiliki segudang pengalaman di dunia politik.

"Ibu Adinda memiliki pengalaman yang luar biasa karena pernah menjabat sebagai ketua PKK, ketua Dekranasda, ketua Kwarda Pramuka NTT dan Kwarnas Pramuka. Ia juga berpengalaman di berbagai organisasi jadi dari sisi pengalaman tidak perlu diragukan," ujarnya.

Ia menilai, pasangan Jeriko-Adinda merupakan pasangan yang komplet. Dari sigi pendidikan sama-sama bergelar Doktor. Dari sisi geopolitik pun sangat kuat dan memiliki konstituen yang jelas.

“Kita akan berjuang bersama-sama menangi pilkada November mendatang,” tegasnya.

Conterius menegaskan hal penting kepada Jeriko agar dapat membimbing, menuntun wakilnya dalam urusan pemerintah, pembangunan dan kemasyarakatan.

"Jangan sakiti ibu Adinda karena ketika dia sakit, maka keluarga Lamaholot, Maumere dan Sikka ikut sakit," tegasnya.

Ia juga menyebut bahwa dengan dipersatukan saat ini tentu alam dan leluhur ikut merestui, maka kerja keras dengan mensosialisasikan paket Jeriko-Adinda mulai dilakukan.

"Saya baru tahu bahwa banyak program pak Jeriko yang telah dikerjakan maupun yang belum dikerjakan. Maka kita harus beritahu kepada masyarakat agar mendukung Jeriko-Adinda untuk melanjutkan pembangunan dan perubahan di kota ini,” tegasnya.

Menanggapi wejangan itu, Jefri Riwu Kore mengaku akan menjaga amanah dari keluarga untuk terus membangun hubungan baik. Menurutnya, hubungan baik tidak saja dengan satu atau dua orang atau segelintir orang, namun harus dengan semua orang.

“Kami sudah berkomitmen bersama untuk saling mendampingi, saling mendukung untuk melanjutkan pembangunan di Kota Kupang,” katanya.

Ia menyebut alasan memilih Adinda karena pengalamannya di dunia politik tidak perlu diragukan lagi.

Pengalaman ibu Adinda tidak perlu diragukan sehingga ia dapat melengkapi kekurangan saya ketika memimpin nanti,” ujarnya.

Lusia Adinda Lebu Raya pada kesempatan tersebut juga menyampaikan terima kasih karena telah menentukan pilihan kepadanya.

Menjadi wakil dari mantan anggota DPR RI ini juga melalui pertimbangan dan kajian yang matang. Alasan utama untuk menerima lamaran karena track record Jeriko yang baik di pemerintahan.

“Pak Jeriko ini sudah berpengalaman di dunia politik dan pernah menjadi anggota DPR RI dan sukses memimpin Kota Kupang pada periode sebelumnya,” katanya.

Ketua DPC PDIP Kota Kupang, Yeskiel Loudoe usai acara lamaran menegaskan PDIP telah menjatuhkan pilihan untuk mendukung pasangan Jeriko-Adinda pada pilwalkot November mendatang. Partainya tidak sendiri tetapi berkoalisi dengan PAN.

Ia sangat optimis mendulang kemenangan pada konstelasi politik karena figur yang diusung memiliki visi dan misi yang jelas. Selain itu, sudah terbukti memimpin dan mengubah wajah pembangunan Kota Kupang.

“Pak Jefri sudah terbukti memimpin. Sekarang di dukung lagi dengan wakilnya yang juga pengalaman sehingga kami sangat optimis,” tegasnya.

Pasangan yang diusungnya akan dideklarasikan kepada masyarakat Kota Kupang dalam waktu dekat.

“Kami sedang melakukan komunikasi politik dengan sejumlah partai jadi peluang penambahan partai pengusung masih terbuka. Semua partai pendukung sudah ada, maka pasangan ini kami akan deklarasikan,” pungkasnya.

Senyuman Frans Lebu Raya Ketika Sang Istri Dilamar Jeriko

Suasana dikediaman Adinda Lebu Raya yang beralamat di jalan Thamrin Kelurahan Kayu Putih Kecamatan Oebobo, Kota Kupang tampak ramai. Ruas jalan terpaksa dialihkan pihak kepolisian karena dipadati keluarga dan masa pendudukan bakal calon wali kota, Jefri Riwu Kore dan Lusia Adinda Lebu Raya (Jeriko-Adinda).

Kendaraan mengekor dari arah patung Kirab. Mereka mendampingi Jeriko dan Hilda Riwu Kore-Manafe untuk melamar Lusia Adinda Lebu Raya sebagai sebagai bakal calon wakil wali kota.

Keluarga besar dan tokoh masyarakat asal Lamaholot sudah bersiap menyambut Jefri bersama keluarga besar Rote dan Sabu Raijua yang tiba sekira pukul 15.30, Sabtu (20/7).

Mereka disambut dengan tarian asal Sabu Raijua, Lamaholot dan tuturan adat dari tokoh adat.

Adinda Lebu Raya yang mengenakan kebaya merah dibalut selempang berwarna hijau dan tenunan adat sudah menanti di ruang tamu bersama keluarganya.

Mantan istri Frans Lebu Raya ini dilamar bak gadis. Proses adat pun dilangsungkan hingga berakhir dengan doa bersama.

Suasana penuh kekeluargaan ini disuguhi pemandangan yang berbeda. Tampak ada sosok Frans Lebu Raya suami Adinda yang juga mantan gubernur NTT dua periode itu disana.

Foto semasa menjabat sebagai gubernur dipajang persis di belakang Jeriko dan Adinda. Selain foto, ada patung bunda Maria disana. Senyuman Frans terpancar di sana seakan merestui pasangan Jeriko-Adinda untuk memimpin Kota Kupang ke depan.

Di hadapan keluarga besarnya, Adinda Lebu Raya secara tegas menerima lamaran dan bersedia mendampingi Jeriko sebagai bakal calon wakil wali kota dalam perhelatan politik Kota Kupang, November mendatang.

Ga’i (terima),” jawab Adinda ketika ditanyakan kesediaannya mendampingi Jeriko di konstelasi pilwalkot oleh jubir disambut teriakan gass oleh keluarga dan masa pendudukannya.

Pasangan dengan tagline ‘Melanjutkan Perubahan’ ini diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Usai lamaran, pasangan Jeriko-Adinda diagendakan untuk melangsungkan deklarasi dalam waktu dekat. (cr6/ays/dek)

  • Bagikan