Bhabinkamtibmas Damaikan Perkelahian Antarwarga

  • Bagikan
IST BERDAMAI. Dua kelompok warga yang terlibat perkelahian di Kampung Sunkaen, Kelurahan Naimata sepakat berdamai di Polsek Maulafa, Kamis (3/10).

KUPANG,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Naimata, Aiptu Apner Manu turun tangan melakukan problem solving atau menyelesaikan masalah perkelahian antar sejumlah warga Sunkaen, RT 03, Kamis (3/10).

Dua kelompok yang berselisih itu diamankan di Polsek Maulafa guna mencari tahu akar permasalahan konflik tersebut serta mengamankan situasi di lokasi kejadian sehingga kejadian tersebut tidak meluas.

Setibanya di Polsek Maulafa kedua belah pihak yang terlibat perkelahian dipertemukan dan masing-masing pihak mengakui kesalahannya sehingga mereka saling memaafkan. Kedua kelompok warga tersebut juga membuat pernyataan tertulis untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut di kemudian hari.

Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol. Aldinan R. J. H. Manurung, Jumat (4/10) mengatakan bahwa perkelahian antarwarga yang terjadi di Kampung Sunkaen, Kelurahan Naimata tersebut telah diselesaikan melalui problem solving oleh personel Bhabinkamtibmas Kelurahan Naimata, Aiptu Apner Manu di Polsek Maulafa.

Diceritakan, kejadian itu dipicu oleh kesalahpahaman saat mengendarai sepeda motor yang berlanjut menjadi saling caci maki dan berujung pada perkelahian fisik yang melibatkan teman-teman dari kedua belah pihak sehingga menarik perhatian warga sekitar.

"Berkat tindakan cepat dari aparat kepolisian yang mengamankan kedua belah pihak yang bertikai sehingga situasi berhasil ditenangkan dan tidak meluas," jelasnya.

Penyelesaian kasus, kata Kombes Pol. Aldinan, sangat dimungkinkan karena setiap permasalahan yang terjadi di masyarakat, tidak semuanya harus diselesaikan melalui proses hukum, namun bisa diselesaikan secara kekeluargaan.

"Tugas Bhabinkamtibmas yakni membantu masyarakat menyelesaikan permasalahan, mencari solusi dalam pemecahan masalah tanpa harus melalui proses hukum di kepolisian hingga pengadilan. Kepolisian melalui Bhabinkamtibmas juga berperan memberi saran dan pendapat terkait keamanan dan ketertiban di wilayah yang di bimbingnya," pungkasnya. (r1/gat/dek)

  • Bagikan