Jadi Wadah Insipirasi dan Wawasan bagi Peserta Didik

  • Bagikan
IMRAN LIARIAN/TIMEX EXPO PENDIDIKAN. Keluarga besar SMAK Giovanni Kupang pose bersama dengan 32 delegasi Perguruan Tinggi serta undangan lainnya di sela pembukaan kegiatan Expo Pendidikan bertempat di SMAK Giovanni Kupang, Jumat (18/10)

SMA Katolik Giovanni Kupang Menggelar Expo Pendidikan

SMA Katolik Giovanni Kupang kembali menggelar event tahunan berupa Expo Pendidikan. Kegiatan ini menghadirkan 32 Perguruan Tinggi dari Pulau Jawa, Bali dan Kupang.

IMRAN LIARIAN, Kupang

EXPO Pendidikan yang digelar SMAK Geovanni Kupang tahun 2024 ini disambut antusias ribuan orang pelajar. Ini terbukti dengan dipadatinya halaman SMAK Giovanni Kupang, Jumat pagi (18/10).

Hadir juga dalam kegiatan ini, delegasi dari puluhan Perguruan Tinggi termasuk pemerintah Kelurahan Merdeka dan undangan lainnya. Kegiatan Expo Pendidikan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Yayasan Swasti Sari Keuskupan Agung Kupang, RD. Arkadius Manek. Pembukaan kegiatan Expo Pendidikan ini yang ditandai dengan pemukulan gong.

Pada kesempatan kegiatan ini, RD. Arkadius menyampaikan selamat datang kepada seluruh Perguruan Tinggi yang hadir di SMAK Giovanni Kupang.

"Ini merupakan momentum bagi kita di forum kolaborasi dalam kegiatan Expo Pendidikan," ungkapnya.

Expo Pendidikan ini juha diharapkan menjadi wadah yang inovatif dan inspiratif kepada siswa-siswi untuk bereksplorasi di lembaga pendidikan Perguruan Tinggi yang hadir. Seluruh Perguruan Tinggi yang hadir juga diharapkan dapat mempresentasikan program-program studi, fasilitas dan lainnya kepada peserta didik. Sehingga, diharapkan agar kegiatan ini dapat memberikan inspirasi bagi peserta didik.

"Kami sangat mengapresiasi kehadiran Perguruan Tinggi dalam kegiatan Expo Pendidikan ini," ungkapnya.

Kepala SMAK Giovanni Kupang, RD. Stefanus Mau mengatakan bahwa kesempatan ini merupakan kesempatan yang baik bagi para pelajar dalam memilih tujuan pendidikan selanjutnya.

"Kegiatan ini juga dapat membuka wawasan bagi peserta didik untuk menentukan pilihan jika ingin melanjutkan pendidikan ke PerguruannTinggi," kata RD. Stefanus Mau.

Tentunya, kata dia, kehadiran 32 Perguruan Tinggi dalam kegiatan ini dapat memberikan hal positif. Lebih dari itu, SMAK Giovanni Kupang juga terus membangun kerja sama, berkolaborasi dengan berbagai Perguruan Tinggi.

Sementara Ketua Panitia kegiatan Expo Pendidikan, Yakobus A. Lawerang mengatakan bahwa Expo Pendidikan SMA Katolik Giovanni Kupang selalu digelar setiap tahun.

Hal tersebut, kata Yakobus, umtuk mewujudkan visi lembaga ini. Sehingga, Expo Pendidikan merupakan suatu program tahunan yang dirasa perlu untuk dilaksanakan program yang bertujuan menyediakan ruang dan waktu bagi siswa dan siswi SMA Katolik Giovanni Kupang untuk dapat memperoleh informasi tentang Perguruan Tinggi, memilih dan menentukan masa depannya dengan tepat cermat dan berkualitas serta murah.

Anak-anak yang sekarang duduk di bangku SMA adalah generasi Z, yaitu generasi pengguna teknologi sejati. Sehingga, mereka membutuhkan pendampingan dalam menentukan arah masa depan mereka.

Expo Pendidikan merupakan sarana bagi siswa-siswi generasi Z, baik SMAK Giovanni Kupang maupun siswa-siswi di sekolah lainnya dan juga bagi orang tua untuk memperoleh informasi yang lengkap dan akurat mengenai program studi lanjutan, peluang kerja di masa mendatang, keunggulan-keunggulan, beasiswa biaya pendidikan dari Perguruan Tinggi di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara Timur, khususnya Kota Kupang.

"Kegiatan Expo Pendidikan ini merupakan kegiatan tahunan yang terselenggara karena kerja sama yang baik antara SMA Katolik Giovanni Kupang dengan berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia," jelasnya.

Mengusung tema 'Empower Your Dream to Build a Better World (Berdayakan Impian Anda Untuk Membangun Dunia yang Lebih Baik). Tujuannya yakni untuk menambah dan meningkatkan wawasan para pelajar tentang program studi di Perguruan Tinggi, peluang kerja dan strategi belajar di Perguruan Tinggi nantinya.

Selain itu, untuk memberikan kesempatan bagi siswa-siswi untuk memperoleh informasi yang jelas, terbuka, lengkap, akurat dari berbagai Perguruan Tinggi yang ada. Termasuk merealisasikan program kerja sama antara SMA Katolik Giovanni Kupang dengan Perguruan Tinggi yang terkait.

"Peserta Expo Pendidikan tahun 2024 berjumlah 32 Perguruan Tinggi, terdiri dari Pulau Jawa 20 Perguruan Tinggi dan dari Pulau Bali ada dua Perguruan Tinggi serta dari Kota Kupang ada tiga Perguruan Tinggi termasuk dua sponsor," pungkasnya. (gat/dek)

  • Bagikan