Songsong HUT Ke-13, RSIA Dedari Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Lansia

  • Bagikan

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Manajemen Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA), Dedari Kupang melakukan pelayanan kesehatan gratis bagi warga lanjut usia di Posyandu Lansia Narayana Kupang.

Pelayanan kesehatan dalam rangka menyongsong hari ulang tahun (HUT) ke-13 RSIA Dedari itu berpusat di Pura Oebananta, Kelurahan Fatubesi, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, Sabtu (29/1). Untuk diketahui, RSIA Dedari resmi beroperasi pada 23 Februari 2009, dan pada 23 Februari 2022 nanti mencapai usia 13 tahun.

Ketua Posyandu Lansia Narayana, I Ketut Nurata, kepada TIMEX di lokasi kegiatan menyampaikan terima kasih kepada RSIA Dedari yang sudah datang ke Posyandu Lansia Narayana dan melakukan pemeriksaan kesehatan gratis.

Secara rutin, para Lansia di Posyandu Narayana mendapatkan pelayanan kesehatan dari semua rumah sakit yang ada di Kota Kupang. Waku itu sebelum adanya Covid-19. Masuk pandemi Covid-19, pelayanan kesehatan yang rutin didapat para lansia dipending.

“Kami baru dapat lagi pelayanan kesehatan dari RSIA Dedari. Ini juga dalam rangka HUT ke-13 RSIA Dedari,” ungkapnya.

Ketut Nurata mengatakan, pelayanan kesehatan yang didapatkan para Lansia Narayana di tahun 2022 ini merupakan kali pertama. Para Lansia yang hadir ini memang belum semuanya. “Karena sudah lama vakum akibat wabah Covid-19,” jelasnya.

Ketut Nurata menyebutkan, jumlah keseluruhan Lansia di Posyandu Narayana sebanyak 45 orang. Data ini sebelum adanya Covid-19. Tapi, seiring berjalannya waktu ada yang telah dipanggil sang pencipta (meninggal dunia), dan ada sebagian lagi yang kekuatan fisik tidak lagi memungkinkan untuk hadir langsung di lokasi pemeriksaan. “Lansia yang terdaftar saat ini ada 22 orang,” jelas Ketut Nurata, Lansia berusia 62 tahun.

Ketut Nurata berharap, pelayanan kesehatan yang telah didapat para lansia dari RSIA Dedari, bisa juga dilakukan rumah sakit lainnya sebagai wujud membangun semangat para lansia.

Dalam kesempatan itu, para lansia juga diberi pengetahuan terkait ilmu jiwa yang disampaikan langsung oleh dr. D. A. P. Shinta Widari, Sp.KJ,MARS, dokter spesialis kejiwaan RSIA Dedari Kupang sekaligus dokter jiwa di Klinik Utama Dewanta Mental Healthcare (DMH).

Menurut Ketut Nurata, tujuan pelayanan kesehatan ini untuk melahirkan suasana batin dan membentuk pikiran tenang bagi para lansia agar jauh dari stres. Setelah pemeriksaan kesehatan dilanjutkan dengan senam sehat bersama. Sejumlah lansia yang hadir sangat antusias mengikuti semua kegiatan yang digelar RSIA Dedari.

Ketua Panitia, Stephani Widya Mangi menjelaskan, kegiatan bersama para Lansia Posyandu Narayana di Pura Oebananta ini tak hanya sekali, namun dilanjutkan dengan kegiatan lainnya pada 12 Februari 2022 nanti.

“Kita kerja sama dengan PMI untuk donor darah, kerja bakti pembersihan pantai, penanam pohon di pantai, dan pemeriksaan kesehatan khusus untuk ibu hamil,” jelas Stephani.

“Kita juga kerja sama dengan Puskesmas Oesapa dan Pustu Lasiana, lalu tanggal 19 Februari ada seminar nasional. Targetnya 400 peserta di Grand Mutiara. Outbond bersama karyawan RSIA Dedari pada tanggal 23 Februari di Noelbaki. Kemudian ada dua kegiatan yakni turnamen golf di lapangan TNI AU. Puncak acaranya kami lakukan di Hotel Aston, tanggal 26 Februari 2022,” pungkasnya. (r1)

  • Bagikan