Jadi Mr Teen dan Miss Teenager 2022, Jonathan dan Sarah Siap Harumkan Nama NTT di Pentas Nasional

  • Bagikan
Jonathan Valentino Manuel dan Sarah Geutrida Adolfina Kameli usai terpilih sebagai Mister Teen dan Miss Teenager NTT 2022 pada malam penganugerahan di Hotel Kristal Kupang, Kamis (28/4). (FOTO: INTHO HERIZON TIHU/TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Ajang Pemilihan Mister Teen and Miss Teenager 2022 tingkat Provinsi NTT telah berlangsung dalam malam penganugerahan di Hotel Kristal Kupang, Kamis (28/4). Ajang pencarian bakat talenta muda tersebut diselenggarakan Yayasan Murua Gemilang NTT bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT dan kabupaten/kota serta pelaku usaha di NTT.

Dari penyelenggara pemilihan yang berlangsung ketat dan melalui penilaian juri atas kemampuan atau kecerdasan peserta dan penampilan, akhirnya terpilih pasangan Jonathan Valentino Manuel dan Sarah Geutrida Adolfina Kameli sebagai Mister Teen dan Miss Teenager NTT 2022.

Keduanya berhasil mengalahkan pasangan Thiara Stephanie Irene Ndolu dan Rivaldi Henuk yang menyabet Juara II dan juara III, pasangan Faldi Thimotius Ledoh dan Aster Dwi Armelia Naftali Rede.

Pelajar SMKN 1 Kupang dan SMA Citra Bangsa itu juga menundukan pasangan Zakarias Lopes dan Sharon Gracia Metty Rorong yang menjadi juara IV dan pasangan Oktaviani Wantri Tukan dan Oczario Putra Bravo Laganguru penyabet peringkat V serta peringkat VI diraih pasangan Rindy Dewi Yulindia Zacharias dan Kevin C. A. Jehamin.

Petrus Fransiskus Keso Lsosor, Ketua Panitia Penyelenggar Pemilihan Mister Teen and Miss Teenager 2022 menjelaskan, Miss Teenager atau sering dikenal dengan ajang pencarian role model pria dan wanita khususnya pemuda (teenager) bertajuk Mister Teen dan Miss Teenager NTT adalah suatu kegiatan yang diselengarakan oleh Yayasan Murua Gemilang NTT. Yayasan tersebut mengadakan ajang pemilihan role model yang layak maju ke kancah nasional sampai ke tahap internasional.

Menurut Petrus, ajang prestasi ini bertujuan tidak hanya memperhatikan kecantikan/paras secara fisik remaja di NTT, tetapi juga bertujuan meningkatkan kualitas diri, baik dalam segi penampilan, kemampuan komunikasi, wawasan, dan juga soft skill yang ada pada diri anak remaja di NTT.

Petrus menyebutkan, pasangan Jonathan Valentino Manuel dan Sarah Geutrida Adolfina Kameli yang terpilih pada malam penganugerahan itu akan mewakili NTT melaju ke tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Jakarta nanti.

"Jika terpilih lagi maka akan mewakili Indonesia ke Dubai. Oleh sebab itu, dengan ini saya meminta dukungan dari semua kaum milineal dan masyarakat NTT dengan cara mendukung selama ajang pemilihan berlangsung," pintanya.

Petrus menambahkan, tujuan dan manfaat mengikuti ajang pemilihan Miss Teenager adalah, meningkatkan animo untuk mendukung prestasi mahasiswa non akademik di tingkat wilayah dan internasional. "Untuk juara II sampai juara VI akan mewakili NTT dalam ajang lainnya," bebernya.

Mister Teen 2022, Jonathan Valentino Manuel mengatakan ajang-ajang seperti ini merupakan ruang bagi kaum muda untuk menunjukan kemampuannya sehingga kepada pemuda terus menunjukan kepercayaan diri yang tinggi dan berusaha membuktikan kemampuannya melalui berbagai kegiatan.

Siswa Kelas XII SMKN 1 Kupang Jurusan Pariwisata ini menuturkan, dengan keterwakikan NTT ke ajang yang kebih tinggi, tentu dirinya akan menyiapkan kemampuan, baik pengetahuan secara akademik, mengenal budaya, dan lain-lainnya.

Jonathan menambahkan, NTT memiliki kekayaan budaya dan beragam motif tenun ikat maka ini menjadi senjata untuk dan bisa dipromosikan ke tingkat nasional dan internasional. "Kekayaan budaya kita harus diangkat, maka dalam persiapan kami, tentutnya akan lebih banyak mempelajari kekayaan alam dan budaya NTT agar dapat dipromosikan," sebutnya.

Sementara Miss Teenager 2022, Sarah Geutrida Adolfina Kameli mengaku sangat senang atas keberhasilannya itu. Menurutnya, juri sangat profesional dalam memilih dan tidak hanya melihat dari satu sudut pandang, namun dari berbagai sudut pandang yang kemudian menetapkan dirinya mewakili NTT ke tingkat nasional. "Ini merupakan sejarah bagi kehidupan saya dan terus bersyukur untuk kepercayaan yang diberikan," katanya.

Siswa SMA Citra Bangsa Kupang ini berpesan kepada pemuda-pemudi bahwa semua memiliki kelebihan masing-masing. Untuk itu jangan ragu-ragu dalam berkarya. Segala persiapan juga terus ditingkatkan karena persaingan di tingkat nasional tentu berbeda dengan di daerah.

"Tentu persiapan kami di sini berbeda setelah ditunjuk mewakil NTT di tingkat nasional. Kami akan menunjukan bawah NTT juga memiliki kemampuan luar biasa," janji wanita berdarah Sumba Alor itu. (r3)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan