5 Rahasia Cara Merawat Pisau yang Tepat Agar Senantiasa Tajam

  • Bagikan
Seorang chef profesional tengah memotong tomat dengan pisau yang terawat dan tajam. (FOTO: https://img.freepik.com)

Pisau yang tajam bisa mempermudah Anda dalam memotong aneka bahan makanan. Meski sudah membeli pisau yang berkualitas namun ternyata banyak yang kecewa karena ketajamannya cepat menurun. Penyebabnya bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah cara merawat yang kurang tepat. Lalu, bagaimana cara merawat pisau yang benar?

Anda perlu mengetahui tips merawat pisau agar bisa menggunakannya dalam waktu lama. Sebenarnya banyak hal yang bisa dilakukan agar perlengkapan rumah tangga satu ini tetap tajam meski Anda sudah lama membelinya.

5 Rahasia Cara Merawat Pisau yang Tepat

Beberapa rahasia berikut ini bisa menjadikan pisau tetap tajam meski Anda sering menggunakan untuk berbagai keperluan. Namun tidak sedikit yang kurang memperhatikannya sehingga pisau yang sebelumnya tajam menjadi cepat tumpul. Berikut tips atau cara merawat pisau yang tepat:

  1. Jangan tunda untuk mencucinya

Tidak sedikit orang yang sibuk memasak sehingga lupa untuk segera membersihkan dan mengeringkan peralatan yang digunakan, termasuk pisau. Apabila ada sisa kotoran yang menempel terutama yang dalam keadaan basah bisa menyebabkan munculnya karat. Akibatnya pisau tersebut tidak akan tajam lagi. Karena itu, segera cuci pisau setelah menggunakannya.

  1. Asah secara rutin

Karena gesekan dengan barang yang dipotong, terutama jenis yang keras bisa mengikis bagian pisau yang tajam dan kemudian menjadi tumpul. Untuk mengantisipasi hal ini, asah pisau secara berkala. Meski belum akan menggunakannya, tidak ada salahnya jika Anda mengasah pisau tersebut untuk mempertahankan ketajamannya.

  1. Jauhkan dari panas

Tips berikutnya untuk mempertahankan ketajaman pisau adalah dengan menjauhkan dari panas, terutama pada bagian yang digunakan untuk memotong. Panas yang mengenai bagian tajam dari pisau dalam waktu cukup lama atau sering, menyebabkan bagian tersebut tidak bisa digunakan untuk memotong kembali.

Pisau yang sering digunakan untuk memotong bahan makanan yang masih panas, akan cepat tumbul dibanding pisau yang digunakan untuk memotong makanan atau bahan lain yang mempunyai suhu standar.

  1. Rendam dalam air biasa

Sisa makanan atau bahan apapun yang menempel pada pisau lama-lama akan mengikis ketajamannya. Karena itu salah satu cara untuk mempertahankan ketajaman pisau tersebut dengan menjaga kebersihannya.

Jika ada sisa bahan yang menempel di permukaan pisau dan berpotensi menyebabkan karat, segera bersihkan. Apabila masih cukup sulit, Anda bisa merendamnya beberapa menit saja. Dua sampai lima menit merupakan waktu yang cukup untuk merendam pisau dan kemudian menghilangkan semua kotoran yang menempel dengan lebih mudah.

  1. Simpan di tempat yang tepat

Tidak sedikit penjual yang melengkapi pisau jualannya dengan tempat atau penutup. Fungsinya untuk menjaga kebersihan pisau dan melindungi bagian yang tajam sehingga bisa digunakan dalam waktu lama.

Jika ingin membeli pisau, baik dalam bentuk pisau set atau eceran, bisa langsung menghubungi seller Blibli. Blibli hanya menyediakan produk terbaik untuk kepuasan pelanggan.

Blibli juga menyediakan pilihan cara pembayaran yang mudah dan fleksibel sehingga konsumen tidak perlu repot untuk membayar barang belanjanya.
Berbelanja di Blibli aman dan pasti banyak keuntungan. Karena itu jika membutuhkan pisau atau barang lainnya, segera hubungi Blibli.

Seller berpengalaman akan melayani dan segera mengirim set pisau Anda beli. Cara merawat pisau agar tetap tajam sangat mudah. Agar koleksi pisau yang Anda miliki tetap awet dan tajam, jangan lupa untuk menerapkan tips di atas. karat yang merusak ketajaman pisau akan hilang. Permukaan pisau yang tajam pun akan terjaga sehingga tidak mudah tumpul. (*/aln)

  • Bagikan