Pemerintah Arab Saudi Putuskan Lebaran pada 2 Mei, Simak Dasar Penentuannya

  • Bagikan
Pemantauan hilal di Arab Saudi (FOTO: JawaPos.com)

JAKARTA, TIMEXKUUPANG.FAJAR.CO.ID-Komite Penampakan Bulan Arab Saudi menyatakan, pada hari Sabtu (30/4) tak melihat penampakan hilal atau bulan sabit sebagai landasan menentukan 1 Syawal 1443 Hijriah. Karena itu, Pemerintah Arab Saudi memutuskan untuk menetapkan 1 Syawal 1443 H atau Hari Raya Idul Fitri 2022 jatuh pada Senin (2/5).

Sebagaimana JawaPos.com lansir dari BBC, Minggu (1/5), Mahkamah Agung Arab Saudi memerintahkan pencarian Bulan Sabit Syawal 1443 pada malam 29 Ramadan 1443 (30 April 2022) pada hari Sabtu. Komite Penampakan Bulan UEA mengatakan bulan sabit untuk Syawal tidak muncul pada Sabtu (30/4) kemarin.

Menurut Komite Penampakan Bulan di UEA, Minggu, 1 Mei, jatuh di hari terakhir Ramadan 2022 dan Senin 2 Mei diperingati sebagai hari pertama Idul Fitri. Pengamatan penampakan bulan sabit yang terjadi menjadi bagian dari keputusan resmi.

Itu terjadi dengan kehadiran delegasi dari Rusia selatan, Kaukasus Utara dan Republik Ingush untuk Observatorium Bulan Sabit di dalam Tumair wey dey Islamabad, di Wilayah Ibu Kota Pakistan. Selama di akhir Ramadan, doa-doa intens dilakukan selama di Lailatul Qadar atau di Malam Kemuliaan.

Malam itu dipercaya sebagai malam tersuci sepanjang tahun. Dan akhir Ramadan diperingati sebagai Festival Syawal di Arab Saudi. (jpc/jpg)

  • Bagikan