Alumnus Seminari Tinggi Santo Mikhael Penfui Kupang Jadi Uskup Baucau RDTL

  • Bagikan
Alumnus FFA Unwira Kupang, Mgr. Leandro Maria Alves jadi Uskup Baucau, Timor Leste. (FOTO: ISTIMEWA)

DILI, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Pemimpin Umat Katolik sedunia Paus Fransiskus menunjuk Leandro Alves, sebagai Uskup Baucau, negara Republik Demokratik Timor Leste (RDTL). Mgr. Leandro Alves merupakan alumnus Seminari Tinggi Santo Mikael Penfui Kupang dan Fakultas Filsafat Agama (FFA) Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang tahun 1995-1999.

Acara pentahbisan Mgr. Leandro sebagai Uskup Baucau sesuai rencana dilaksanakan Jumat (21/7) waktu Timor Leste. Mgr. Leandro memilih motto tahbisan Uskup "Pertransivit Benefaciendo" yang artinya "Dia Berkeliling Sambil Berbuat Baik."

Sebelum ditahbiskan menjadi Uskup Baucau, Mgr. Leandra Alves bertemu sejumlah rekan dan alumni Seminari Santo Mikael Penfui maupun alumni FFA Unwira Kupang.

Kepada teman-teman seangkatannya, Mgr. Leandro menceritakan pengalamannya menjadi imam hingga ia ditunjuk oleh Paus Fransiskus sebagai Uskup Baucau. Kepada rekan-rekannya yang diundang khusus untuk menghadiri pentahbisannya, ia berpesan untuk selalu menjaga kekompakkan dan persaudaraan yang dibangun dan terjalin selama ini.

"Mari kita tetap menjada kekeluargaan yang kita bangun sejak Seminari Tinggi hingga saat ini dan kita selalu tetap saling mendukung dan mendoakan," pesan Uskup Leandro saat bertemu rekan-rekannya di Seminari Nossa Senhora Dili, Timor Leste, Rabu (19/7).

Mgr. Leandro menyampaikan terima kasih atas dukungan dan motivasi yang diterima dari berbagai pihak, terutama dari teman-teman seangkatan sehingga bisa mencapai tingkat ini.

"Saya menyadari bahwa ini bukan kehebatan dan kekuatan diri, tapi atas rahmat dari Allah dan motivasi dari teman-teman sehinga saya diberi tugas mulia ini, melayani umat di Keuskupan Baucau," ujar Uskup Leandro yang hobi main basket ini.

Dia mengaku tak menyangka jika terpilih menjadi uskup, karena dalam tugas dan karyanya, hanya ingin melayani umat di mana saja ia berkarya. "Tapi Tuhan punya cara lain untuk karya pelayanan kepada umat. Saya menerima tugas ini dengan lapang dada dan akan tetap setia pada tugas dan panggilan hidup ini," tutur Uskup kelahiran Ermera tahun 1974 ini.

Mgr. Leandro Maria Alves (ketiga kiri) bersama teman-teman seangkatannya. (FOTO: ISTIMEWA)

RD. Goris Dudy, Pr mewakili teman-teman angkatannya sangat berterima kasih karena dari antara teman-temannya, ada yang terpilih jadi uskup. "Intinya kami berterima kasih karena salah seorang dari angkatan kami di Santo Mikhael dan Fakultas Filsafat Agama Unwira Kupang terpilih jadi Uskup. Tuhan punya rencana terindah dalam hidup ini," kata Romo Goris yang juga Pastor Paroki Stella Maris Atapupu, Kabupaten Belu ini.

Romo Goris dan teman-temannya akan tetap mendukung karya dan panggilan Mgr. Leandro sehingga melayani umat di Keuskupan Baucau dengan sebaik-baiknya seturut motto tahbisannya.

Saat menerima kunjungan teman-teman seangkatan, Mgr. Leandro Maria Alves dikalungi Tais Adat Malaka berlambang Garuda sebagai tanda ikatan dan jalinan pertemanan selama puluhan tahun.

Adapun teman-teman angkatan yang hadir untuk mengikuti tahbisan antara lain Romo Gregorius Dudi, Pr., RD. Elfridus Nahak, Pr., RD. Erwin Asa, Pr., RD. Yohanes Faentaono, Pr., Suster Selfi Taek, RVM dari kaum klerus dan biarawan. Sementara hadir mewakili kaum awam yakni Alfred Atidja dan Herry Klau. (*/aln)

  • Bagikan