18 Pejabat Negara Bakal Hadiri Upacara Harlah Pancasila di Ende

  • Bagikan
Bupati Ende, Djafar Achmad. (FOTO: ALEXIUS RAJA SEKO/TIMEX)

ENDE, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila secara Nasional akan dilaksanakan di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 1 Juni 2022 nanti.

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan hadir dan memimpin langsung upacara peringatan Harlah Pancasila itu.

"Setidaknya ada 18 pejabat negara yang hadir dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila di Ende," ungkap Bupati Ende, Djafar Achmad saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (9/5).

Bupati Djafar menyebutkan, selain Presiden Jokowi, sesuai rencana hadir juga Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'aruf Amin bersama istri. Selain itu Ketua DPR, Puan Maharani, Ketua MPR, Bambang Soesatyo, Ketua DPD, Panglima TNI, Menteri Luar Negeri, Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Kepala Staf TNI Angkatan Laut, dan sejumlah pejabat tinggi RI lainnya.

"Khusus kehadiran Ibu Megawati Soekarnoputri masih menunggu kepastian. Namun akomodasi untuk beliau telah disiapkan. Apalagi beliau harus menggunakan kursi roda," ujar Bupati Djafar.

Bupati Djafar menyebutkan, peringatan Harlah Pancasila secara Nasional yang dipusatkan di Kota Ende tersebut hanya memindahkan tempat dari Istana negara ke Ende. Karena itu, yang dikejar untuk saat sekarang ini adalah wisata sejarah bahwa Ende tempat lahir Pancasila.

"Terlepas akan kedatangan Jokowi, yang kita kejar adalah wisata sejarah bahwa di Ende Pancasila dilahirkan. Karena itu, kita ingin lahirnya Pancasila di Ende bisa dituangkan dalam Keputusan Presiden," harapnya.

Saat disinggung terkait kepastian kehadiran RI 1 di Ende, Bupati Djafar mengaku, komunikasi dengan pihak Sekretariat Negara dan BPIP sudah dilakukan. "(Jokowi, Red) Hadir pasti. Sudah 99 persen beliau akan hadir, tinggal satu persen milik Allah SWT. Kita tunggu saja harapan kita agar beliau akan datang," ungkap Bupati Djafar optimistis.

Karena itu, lanjutnya, segala persiapan terus dilakukan, baik di lapangan Pancasila, Taman Renungan Bung Karno, dan rumah pengasingan Bung Karno pun telah dipersiapkan. Selain itu juga mendirikan ICU Mini di seputaran lapangan Pancasila sesuai standar Kepresidenan untuk antisipasi gangguan kesehatan. "Kita sudah maksimal melakukan persiapan menyambut Presiden RI, Joko Widodo," pungkas Bupati Djafar. (Kr7)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan