Pakai Sepeda Motor, Kapolres Belu Monitor Situasi Arus Balik Lebaran di Perbatasan

  • Bagikan
PATROLI. Kapolres Belu AKBP Yosep Krisbiyanto bersama jajaran Polres melakukan patroli dengan sepeda motor di PLBN Mota'ain untuk memastikan situasi kondusif selama arus balik lebaran. Gambar diabadikan Sabtu (7/5). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

ATAMBUA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto, memimpin langsung patroli dialogis di wilayah tapal batas RI-RDTL (Timor Leste), Sabtu (7/5).

Patroli menggunakan sepeda motor tersebut dilakukan untuk melihat langsung situasi arus balik lebaran di PLBN Mota'ain sebagai pintu masuk dan keluar ke wilayah RI maupun Timor Leste dan juga Bandara A. A. Bere Tallo, Atambua.

Turut mendampingi Kapolres Belu, Wakapolres, Kompol I Putu Surawan, Kabag Ops, AKP I Nengah Sutawinaya, Kasat Lantas, Iptu Brian Wicaksono, Kasat Samapta, Iptu Sadikin, Kasubbag Bin Ops, Iptu Profiriu Esteves, Kasi Humas, Ipda Filomeno Soares serta KBO Samapta, Ipda Asep Ruspendi.

Kapolres Belu, AKBP Yosep Krisbiyanto kepada TIMEX, Sabtu (7/5) mengatakan, pihaknya bersama rombongan dari Polres Belu melakukan pemantauan terhadap arus balik di PLBN Mota'ain dan Bandara A. A. Bere Tallo.

Dikatakan, selain di dua titik tersebut, pihaknya dan rombongan menggunakan sepeda motor saat patroli, menyisir sejumlah tempat wisata yang ada wilayah Kecamatan Kakuluk Mesak.

Dari hasil pantauan langsung di lapangan, kata Yosep, pihaknya menemukan situasi arus balik Lebaran 2022 maupun aktivitas masyarakat di tempat wisata, terpantau aman terkendali, ramai, dan lancar.

“Patroli cipta kondisi ini intinya untuk memberikan jaminan rasa aman dan memastikan situasi Atambua dan wilayah di perbatasan dalam keadaan kondusif di tengah arus balik Lebaran. Dan hasil pengamatan kami di lapangan, situasi secara umum aman terkendali," ungkap Yosep.

Yosep menambahkan, patroli yang dilakukan tersebut untuk dapat menciptakan situasi yang kondusif di daerah perbatasan RI-RDTL. Apalagi, arus balik Lebaran ini terdapat banyak WNA maupun WNI yang sebelumnya berlibur di Timor Leste kembali ke tempat asalnya masing-masing.

Selain itu, lanjut Yosep, patroli yang mereka lakukan tersebut juga untuk mengingatkan masyarakat tetap taat penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

"Harapan kami dan juga rekan-rekan TNI, situasi kondusif seperti ini akan terus terjaga hingga akhir pekan libur lebaran ini. Masyarakat betul-betul menjaga kamtibmas dan mematuhi protokol kesehatan, baik saat kembali dari mudik maupun saat berekreasi bersama keluarga," ujarnya.

Yosep juga berharap, personil yang terlibat dalam penjagaan agar bertanggung jawab dalam pelaksanaan tugas dan tetap meningkatkan kewaspadaan diri dari ancaman kamtibmas yang sewaktu-waktu muncul kapan saja.

"Saya minta personil agar melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan sesuai SOP yang ada. Jalin sinergi yang baik dengan rekan-rekan TNI dan mitra Kamtibmas lainnya dengan memberikan pengamanan dan pelayanan optimal kepada masyarakat sehingga proses arus balik serta aktivitas lainnya berjalan aman dan lancar," tandasnya. (mg26)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan