Jelang Pesta Emas, 450 Anggota PSHT Terima Vaksin Booster

  • Bagikan
VAKSIN. Ketua PSHT Cabang Belu, Ruben Tavares memantau para anggota yang menerima suntikan vaksin booster oleh petugas medis RS Tentara Tingkat IV Atambua di GOR L.A Bone, Minggu (15/5). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

ATAMBUA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Sebanyak 450 anggota Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Belu-Pusat Madiun menerima vaksin dosis ketiga (Booster) dalam kegiatan vaksinasi massal yang berlangsung di GOR L. A. Bone, Minggu (15/5).

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut pesta emas organisasi bela diri PSHT Pusat Madiun yang diperingati pada Agustus 2022 nanti.

Ketua PSHT Cabang Belu, Ruben Tavares kepada awak media, Minggu (15/5), menyampaikan PSHT Cabang Belu Pusat Madiun menggelar berbagai kegiatan menyambut satu abad berdirinya PSHT.

Salah satu kegiatan yang dilakukan PSHT Cabang Belu Pusat Madiun adalah mendukung percepatan vaksinasi Covid-19 di wilayah itu. "Ada 450 anggota PSHT yang mendapatkan pelayanan vaksin booster. Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan PSHT terhadap pemerintah daerah," ungkap Ruben.

Ruben menambahkan, kegiatan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan tersebut merupakan kerja sama PSHT Cabang Belu Pusat Madiun dengan Kodim 1605/Belu dan Rumah Sakit Tentara Tingkat IV Atambua.

Selain vaksinasi, lanjut Ruben, menyambut pesta emas PSHT, akan dilakukan pengesahan anggota baru. Dan salah satu persyaratannya, anggota baru itu sudah harus divaksin. "Kami wajibkan semua anggota PSHT Cabang Belu Pusat Madiun harus mendapatkan vaksinasi Covid-19. Jumlah keanggotaan PSHT di Belu keseluruhan mencapai 3000-an orang dan semuanya akan divaksin," kata Ruben.

Menurut Ruben, pelayanan vaksinasi yang dilakukan bagi anggota PSHT bervariasi, karena ada yang baru vaksin dosis pertama, dosis kedua, maupun ketiga.

Dari 450 Peserta, demikian Ruben, mayoritas mendapatkan pelayanan vaksinasi dosisi ketiga dengan vaksin jenis AstraZeneca.

"Anggota PSHT di seluruh Kabupaten Belu ada 12 ranting dan 40 rayon. Semuanya dikerahkan untuk ikut vaksin dan mendukung capaian vaksinasi di Kabupaten Belu. Karena capaian vaksinasi di wilayah perbatasan Belu-Timor Leste ini belum mencapai target," jelas Ruben.

Sementara Dandim 1605/Belu, Letkol Inf. Wiji Untoro kepada TIMEX, Minggu (15/5), mengatakan, kerja sama vaksinasi antara PSHT-Kodim Belu untuk mengejar capaian vaksinasi booster yang baru mencapai 10 persen dan Belu juga masih berada pada PPKM Level 3 Covid-19.

"Supaya mengantisipasi kenaikan kasus baru nanti menjelang pesta emas PSHT itu. Sehingga perlu belajar dari kesuksesan saat mudik lebaran kemarin, dimana setiap orang yang mau bepergian wajib vaksin booster untuk menekan kasus Covid-19 yang baru," jelasnya. (mg26)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan