Pemkab Ende Prioritaskan JAL sebagai Program Unggulan

  • Bagikan
RESMIKAN. Bupati Ende, Djafar Achmad menandatangani prasasti saat peresmikan jaringan air bersih untuk dua desa, yakni Desa Welamosa dan Desa Tanali, Kecamatan Wewaria, bertempat di Dusun Thedokaro, Desa Welamosa, Rabu (6/7). (FOTO: LEXI SEKO/TIMEX)

Bupati Djafar Resmikan Jaringan Air Bersih di Desa Welamosa dan Tanali

ENDE, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Bupati Ende, H. Djafar H. Achmad mengatakan, program jalan, air, dan listrik (JAL) merupakan priotitas dan menjadi perhatian untuk segera dipenuhi.

Hal ini disampaikan Bupati Djafar  saat meresmikan jaringan air bersih di Desa Welamosa dan Tanali, Kecamatan Wewaria, bertempat di Dusun Thedokaro, Desa Welamosa, Rabu (6/7).

Menurut Bupati Djafar, program JAL ini menjadi program prioritas unggulan "MJ", dimulai sejak dirinya masih bersama Bupati Marsel Petu, dan sampai saat ini terus menjadi prioritas perhatian.

Bupati Djafar menyatakan, pembangunan jaringan air bersih ini sangat penting guna mendukung penerapan pola hidup bersih dan sehat demi mencegah masalah kesehatan, khususnya stunting pada anak.

"Masalah stunting ini menjadi sebuah gerakan untuk diatasi, mulai dari tingkat nasional sampai daerah. Oleh karena itu ketersediaan jaringan air bersih ini akan sangat membantu kita mengatasi masalah stunting di wilayah kita," ujar Bupati Djafar.

Bupati Djafar juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Wahana Visi Indonesia (WVI) kantor Operasional Ende yang selama ini giat mendampingi masyarakat di wilayahnya melalui kegiatan pemberdayaan dan penyediaan sarana fisik seperti pembangunan jaringan air bersih ini.

Manajer WVI Area Program Ende, Abner Radani Sembong pada kesempatan itu mengatakan, pekerjaan sarana air bersih ini memberi manfaat bagi 446 kepala keluarga atau 1.971 jiwa di dua desa, juga fasilitas umum seperti posyandu, gereja, kantor desa, dan polindes.

"Adanya pembangunan jaringan air bersih setidaknya memberikan banyak manfaat kepada warga masyarakat juga untuk fasilitas umum seperti gereja, posyandu, kantor serta poliindes," jelasnya. 

Pekerjaan jaringan irigasi ini merupakan program bersama WVI dengan masyarakat di Desa Tanali dan Welamosa melalui project Water is Near yang didanai oleh World Vision Singapura. "Proses pekerjaannya sejak Februari 2021, dan berakhir di Januari 2022," kata Abner.

Dalam peresmian itu, hadir pula Staf Ahli Bupati, Kanisius Se, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Dahlan, S.IP,  Ketua TP PKK Ende, Ny. Mastuty Djafar, pimpinan OPD, para Mosalaki, dan tokoh masyarakat setempat. (Kr7)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan