Sambut HUT Ke-74, Polwan Polres Belu Goes To School dan Anjangsana

  • Bagikan
Anggota Polwan Polres Belu saat menyampaikan sejumlah pesan kepada siswa-siswi SMA Taruna Mandiri Fatubenao dalam kegiatan Polwan Goes To School, Selasa (9/8). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

ATAMBUA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Korps Polisi Wanita (Polwan) Kepolisian Resort (Polres) Belu Kembali menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka menyambut hari ulang tahun ke-74 Polwan RI yang diperingati setiap 1 September.

Salah satu kegiatan yang sudah dilakukan pada Selasa (9/8), yakni Polwan masuk sekolah atau Polwan Goes to School. Kegiatan ini berlangsung di SMA Taruna Mandiri Fatubenao Atambua. Tujuannya untuk memperkenalkan institusi Polri kepada generasi muda dan membentuk generasi muda yang cerdas dan berkualitas di daerah perbatasan RI-RDTL.

Beberapa materi disampaikan para anggota Polwan kepada para siswa SMA Taruna Mandiri Fatubenao diantaranya cerdas dan aman bermedia sosial, penyalahgunaan narkoba, kekerasan terhadap anak, dan tentang tertib berlalu lintas.

Usai memberikan materi, Bripka Densy Doko kepada TIMEX, Selasa (9/8) mengajak para pelajar agar bijak dalam menggunakan media sosial, sebab jika salah penggunaan akan berdampak buruk, sebagaimana yang dimaksud dalam UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE.

"Jadikan media sosial sebagai media silaturahmi dan menambah wawasan atau pengetahuan serta sebagai sarana memperoleh informasi yang tepat dan akurat. Jika adik-adik kurang bijak dalam menggunakan media sosial dampaknya bisa berhadapan dengan hukum dan bisa terjerat Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE," katanya mengingatkan para siswa.

Berkaitan dengan edukasi tata tertib berlalu lintas, anggota Sat Lantas, Briptu Metriana Nahak yang juga menjadi nara sumber dalam kegiatan tersebut, mengimbau para pelajar untuk mematuhi aturan dan etika berlalu lintas saat berkendaraan di jalan raya.

“Tertib berlalu lintas diantaranya menghargai pejalan kaki dengan tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas dan kebut-kebutan, memperhatikan kelengkapan surat-surat kendaraan, memakai helm SNI, dan tidak menggunakan handphone saat berkendara termasuk memakai knalpot racing," katanya.

Briptu Metriana juga mengimbau para siswa SMA Taruna Mandiri Fatubenao yang belum punya SIM atau belum cukup umur, untuk tidak boleh mebawa sepeda motor sendiri sebab kalau kedapatan, sanksinya bisa teguran dan juga penindakan.

Selain itu, Briptu Metriana juga mengajak para pelajar untuk menjauhi kenakalan remaja seperti mengosumsi minuman keras, narkoba, seks bebas hingga tawuran antarpelajar yang akhir-akhir ini kerap dilakukan anak sekolah.

Kapolres Belu, AKBP. Yosep Krisbiyanto, SIK melalui AKP Filomena Bene Bere, SH selaku Perwira Kordinator (Pakor) Polwan menyampaikan, Polwan Goes to School itu sendiri dilakukan sebagai bentuk semangat para Polwan dalam rangka menyambut hari jadinya yang ke-74.

Dikatakan, dengan dilakukannya kegiatan tersebut dapat membawa manfaat positif bagi para generasi muda yang sejalan dengan Tema HUT Polwan tahun ini, yakni “Polri Yang Presisi, Polwan Siap Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural Mewujudkan Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh".

"Sangat disayangkan bila anak-anak muda sebagai aset penting bagi Negara, harus terpengaruh hal-hal negatif yang tentu dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Harapan kami semoga apa yang kami sampaikan dicerna betul oleh pelajar dan dapat diaplikasikan dalam kehidupannya sehari-hari," harapnya.

Tim Polwan Polres Belu membesuk anak dari salah satu anggota Polwan yang sementara sakit dan menjalani perawatan di RSUD Mgr Gabriel Manek Atambua, Rabu (10/8). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

Anjangsana

Selain Polwan Goes To School, Rabu (10/8), anggota Polwan Polres Belu menggelar anjangsana dengan membesuk anak dari salah satu anggota Polwan yang sedang dirawat di RSUD Mgr Gabriel Manek Atambua.

Aksi sosial ini dipimpin Bripka Ristiany Densy Doko dengan 10 personil Polwan. Mereka menyerahkan paket sembako, bucket bunga, dan buah-buahan kepada anak dari salah satu anggota Polwan Polres Belu yang tengah sakit dan menjalani perawatan medis di RSUD itu.

AKP Filomena Bene Bere mengatakan, aksi sosial yang dilaksanakan itu sebagai bentuk kepedulian sekaligus dukungan semangat kepada sesama rekan Polwan yang sedang ditimpa cobaan.

“Kegiatan anjangsana sebagai bentuk kepedulian kami kepada sesama rekan Polwan, Ibu Dina yang ditimpa cobaan dimana ketiga-tiga anaknya sakit dan sementara ini dirawat di RSUD Atambua," ungkapnya.

Dalam kunjungan itu, kata Filomena, para anggota Polwan Polres Belu juga menghibur dan mendoakan kesembuhan bagi anak salah rekan mereka serta memberi motivasi agar tetap semangat menghadapi penyakit yang sedang diderita.

Filomena berharap, anggota Polwan yang anaknya sementara sakit tetap semangat menghadapi ujian tersebut dan anaknya bisa segera sembuh sehingga sang Polwan bisa kembali melaksanakan tugas dengan baik.

"Sakit itu bukan kita yang minta sebab semua orang ingin sehat, yang penting tetap semangat untuk sembuh, jangan pernah putus asa, serta terus berdoa agar diberikan kesembuhan," pungkasnya. (mg26)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan