Arti Pakaian Adat Bangka Belitung yang Dipakai Presiden Jokowi Saat Hadiri Sidang Tahunan

  • Bagikan
Presiden Jokowi dan Ibu negara Iriana Joko Widodo menghadiri sidang tahunan MPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8). Jokowi datang mengenakan busana Paksian Bangka Belitung. (FOTO: Setpres/JawaPos.com)

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) kali lalu, Presiden Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR dengan mengenakan pakaian adat dari Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Begitupun saat upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, lagi-lagi Presiden Jokowi mengenakan busana adat dari NTT, tepatnya dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).

Hari ini, di momentum HUT Ke-77 RI, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menghadiri acara sidang tahunan MPR RI bersama DPR RI dan DPD RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8), dengan mengenakan pakaian adat Bangka Belitung berwarna hijau.

Jokowi dan Iriana terlihat memasuki gedung Nusantara I DPR RI sekitar pukul 08.59 WIB. Kepala negara sempat melambaikan tangan kepada awak media, saat tiba di kompleks parlemen.

Sebelum Jokowi tiba, Wakil Presiden Ma’ruf Amin sudah datang terlebih dahulu bersama sang Istri, Wury Ma’ruf Amin. Orang nomor dua di Indonesia ini mengenakan pakaian adat Solo bercorak hitam saat memasuki kompleks parlemen.

Sejumlah pejabat negara dan negara sehabat juga turut menghadiri sidang tahunan ini. Mereka di antaranya Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menkominfo Jhonny G Plate, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan pihaknya telah mempersiapkan acara Sidang Tahunan besok. Sidang akan dibuka pada pukul 09.30 WIB.

“Saya sampaikan bahwa MPR telah siap untuk menyelemggarakan sidang tahunan dan sidang bersama DPR dan DPD esok yang akan kita mulai jam 9.30 WIB,” ucap Bamsoet di Nusantara V, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/8).

Bamsoet menuturkan, agenda Sidang Tahunan akan diawali dengan Pengantar Sidang oleh Ketua MPR RI dan dilanjutkan oleh Pidato Ketua DPR RI Puan Maharani kemudian Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Kemudian acara ditutup, kita beristirahat dan jam 13.30 WIB kita mulai lagi rapat paripurna tentang nota keuangan DPR dan Presiden RI,” pungkas Bamsoet.

Baju Paksian

Presiden Jokowi memilih baju paksian asal Provinsi Bangka Belitung yang dominan berwarna hijau dan memiliki motif pucuk rebung. Berdasarkan informasi dari Sekretariat Presiden, motif pucuk rebung tersebut melambangkan kerukunan. Sementara warna hijau dipilih karena mengandung filosofi kesejukan, harapan, dan pertumbuhan.

Sementara itu, Iriana tampil anggun dengan mengenakan kebaya berwarna merah muda, lengkap dengan hijab berwarna senada. Penampilan Iriana tersebut dilengkapi dengan kain batik berwarna cokelat.

Sementara itu, pada siang harinya, Presiden akan menyampaikan pidato dalam rangka penyampaian keterangan pemerintah atas RUU APBN Tahun Anggaran 2023 beserta Nota Keuangannya.

Saat membuka sidang tahunan, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo membukanya dengan sebuah pantun. Pantun ini berkaitan dengan kemerdekaan nasional yang kini sudah menginjak usia 77 tahun. ’’Ada burung di atas dahan. Dahannya ada di pohon beringin. Saya ucapkan salam pembukaan. Kepada semua para hadirin,” ucap Bamsoet. ’’Agustus bulan kemerdekaan. Gotong royong menjadi kekuatan. Agar Indonesia sukses menyongsong masa depan. Jaga terus persatuan dan kesatuan. Merdeka,” sambungnya.

Bamsoet mengatakan, Sidang Tahunan MPR RI bersama DPR RI dan DPD RI ini dihadiri oleh Anggota MPR-DPR-DPD RI. ’’Sesuai catatan daftar hadir yang disampaikan sekretariat jenderal sampai saat ini telah hadir 435 anggota dari 711 anggota MPR, DPR, dan yang telah menandatangani daftar hadir,” ujar Bamsoet ketika membuka sidang. (jpc/jpg)

  • Bagikan