Darwanto : Secangkir Teh Tentang Keimigrasian

  • Bagikan
TAMU PODCAST. Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, Darwanto hadir sebagai tamu dalam acara podcast Secangkir Teh PastilakuTV, Selasa (6/9). (FOTO: KANIM KUPANG UNTUK TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, Darwarnto hadir sebagai tamu dalam acara podcast Secangkir Teh PastilakuTV, Selasa (6/9). Darwanto diundang untuk menjelaskan terkait Keimigrasian yang diantaranya terkait tugas dan fungsi imigrasi serta membagikan pengalamannya bertugas selama kurang lebih 30 tahun di bidang keimigrasian.

"Keimigrasian itu adalah hal ihwal lalu lintas orang masuk dan keluar suatu negara", jelasnya pada Herly pemandu podcast saat itu. "Oleh karenanya keimigrasian itu memiliki 4 fungsi utama yakni sebagai Pelayan Masyarakat, Keamanan Negara, Penegakan Hukum dan Fasilitator Pembangunan Ekonomi Masyarakat," lanjutnya menanggapi pertanyaan tentang apa sebenarnya keimigrasian itu.

Darwanto menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan keempat fungsi tersebut, imigrasi hadir melayani masyarakat dalam penerbitan paspor bagi WNI dan Izin Tinggal bagi orang asing. Imigrasi menyaring setiap orang asing yang masuk ke wilayah Indonesia untuk keamanan negara, menegakkan hukum keimigrasian secara ketat dan memfasilitasi pembangunan ekonomi masyarakat seperti pada sektor pariwisata dengan mempermudah perizinan terkait keimigrasian.

"Sudah kurang lebih 30 tahun saya mengabdi sebagai petugas Imigrasi," ujar Darwanto membagikan pengalamannya. "Banyak hal yang sudah saya lihat dan alami terkait keimigrasian. Yah, ada susah dan ada senangnya. Susahnya ya saya harus pindah-pindah tugas dan senangnya ya, saya bisa berkeliling wilayah Indonesia," terangnya sembari tersenyum.

Darwanto membagikan kisahnya bahwa Indonesia memiliki wilayah yang luas dan berbatasan dengan berbagai negara. Oleh karenanya, perlu dibanggakan bahwa seorang petugas imigrasi seperti dirinya bisa memberikan hal terbaik bagi negara sebagai penjaga pintu gerbang negara. Memang masih banyak yang harus dibenahi dengan pelbagai kendala keimigrasian sampai saat ini, tapi dengan sumber daya yang ada, kendala-kendala tersebut bisa diatasi.

" Jaya selalu petugas Imigrasi," ujarnya sambil menyeruput teh, menutup obrolan podcast saat itu. (*/ito)

  • Bagikan