Wapres Otoritas RAEOA Timor Leste Hadiri Peringatan 100 Tahun Kota Kefamenanu

  • Bagikan
SAMBUT. Bupati TTU, Juandi David menyambut kedatangan Wakil Presiden Otoritas RAEOA, Leonia da Costa Monteiro di kantor Bupati TTU, Kamis (22/9). Leonia hadir di Kefamenanu untuk mengikuti kegiatan perayaan HUT ke-100 Kota Kefamenanu. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Pelaksanaan pameran pembangunan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-100 Kota Kefamenanu telah berakhir dan ditutup Bupati TTU, Juandi David, Kamis (22/9) malam.

Kegiatan yang berlangsung selama 12 hari, sejak 10 September hingga 22 September 2022 tersebut dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang melibatkan warga TTU maupun tamu negara asing, khususnya dari Timor Leste.

Hadir dalam kegiatan penutupan pameran pembangunan tersebut, Wakil Presiden Otoritas RAEOA, Leonia da Costa Monteiro, Bupati dan Wakil Bupati Belu, Bupati dan Wakil Bupati Malaka.

Bupati TTU, Juandi David dalam sambutanya menyampaikan terima kasih kepada panitia penyelenggara yang telah bekeria keras menyelenggarakan pameran pembangunan ini. Terima kasih juga disampaikan kepada aparat TNl/Polri dan Satuan Polisi Pamong Praja serrta semua pihak yang turut terlibat dalam kegiatan pameran ini sehingga dapat berjalan aman, lancar, dan sukses.

Menurut Bupati Juandi, pameran pembangunan dalam rangka memperingati satu abad Kota Kefamenanu yang diselenggarakan ini diwarnai situasi yang sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini, lanjut Bupati Juandi, banyak kegiatan yang diselenggarakan dalam memeriahkan HUT Kota Kefamenanu seperti pameran Pembangunan, Expo TTU 2022, dan pasar rakyat. Ada juga panggung hiburan dari artis ternama Justy Aldrin dan Toton Karibo serta pagelaran seni budaya yang melibatkan utusan semua kecamatan, utusan stnis, sekolah, dan organisasi masyarakat lainnya.

"Semoga ulang tahun ke-100 ini dapat membawa dampak perubahan bagi seluruh elemen masyarakat di Bumi Biinmaffo dalam mendukung pembangunan di daerah ini,” harap Bupati Juandi.

Sementara itu, Wakil Presiden Otoritas RAEOA, Leonia da Costa Monteiro kepada TIMEX, Kamis (22/9) menyampaikan selamat ulang tahun ke-100 untuk Kota Kefamenanu, kota yang berbatasan darat langsung dengan Distric Oecusse, RDTL.

“Kami sangat bangga atas kesempatan yang diberikan kepada kami dari Timor Leste Especial Oecusse Ambeno. Kami mengucapkan Parabens (Selamat, Red) kepada masyarakat Kota Kefamenanu, Kabupaten TTU yang sudah melibatkan Negara Timor Leste khususnya dari RAEOA dalam momentum hari bersejarah ini,” ungkapnya.

Leonia menambahkan, rombongan dari Timor Leste mewakili Presidente Otoritas Khusus RAEOA, Arsenio Paixão Bano, juga mengucapkan salam sejahtera kepada Bupati TTU bersama seluruh masyarakat yang merayakan hari ulang tahun Kota Kefamenanu.

Secara politik, kata Leonia, Oecusse Ambeno berbatasan darat langsung dengan Propinsi Nusa Tengara Timur, Indonesia, tidak lepas dari ikatan budaya adat istiadat dan wisata yang tidak jauh berbeda. Hal ini menjadi acuan untuk selanjutnya kerjasama untuk memperlancar perekonomian di perbatasan.

“Mengacu pada hubungan bilateral antara Timor Leste dengan Indonesia yang telah terjalin dengan sangat baik sebagai wujud nyata dalam membangun kerja sama yang baik untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dari kedua negara itu,” pungkasnya. (Kr5)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan