Kenali Bencana Alam dan Penanganannya, Siswa SD Swasta Angkasa Kunjungi Basarnas Kupang

  • Bagikan
SOSIALISASI. Tim Basarnas ketika memperlihatkan alat evakuasi kepada siswa SD Swasta Angkasa El Tari Kupang, Jumat (7/10). (RESTI SELI/TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Siswa Sekolah Dasar (SD) Swasta Angkasa Lanud El Tari Kupang berkesempatan melakukan kunjungan ke Basarnas Kupang. Kunjungan tersebut dalam rangka mengajarkan secara langsung kepada siswa kelas 1-4 SD terkait perlindungan dan penyelamatan diri dari bencana alam gempa bumi.

"Ini pembelajaran dini kepada siswa untuk mengetahui secara jelas tentang bencana agar ketika menghadapi bencana, anak-anak sudah tahu apa yang harus mereka lakukan," ujar Kepala SD Swasta Angkasa El Tari Kupang, Halijah Wajanaga, kepada TIMEX, Jumat (7/10).

Halijah WajanagaIa menambahkan kunjungan tersebut sebagai wujud pelaksanaan nyata kurikulum merdeka dilingkup SD. "Ini juga merupakan program kurikulum merdeka yang mewajibkan anak-anak untuk tidak saja belajar di dalam kelas, tetapi juga diluar kelas dengan kunjungan seperti ini," jelas Halijah.

Selain itu menurutnya, dengan pemberian materi secara langsung oleh Tim Basarnas, dapat membuat anak melihat dan mengerti cara kerja dan juga alat-alat yang digunakan Basarnas ketika melakukan evakuasi korban.

"Mereka juga diperlihatkan alat-alat yang digunakan Basarnas dalam melakukan evakuasi," kata Halijah Wajanaga.

Halijah berharap, ada tindak lanjut dari program kunjungan tersebut. Dimana, ia mengungkap menunggu kunjungan dari Tim Basarnas ke SD Swasta Angkasa, dengan membawa materi lainnya kepada anak-anak.

Sedangkan, Aditya Utama, Recuer Terampil mengatakan siap berkunjung ke sekolah-sekolah untuk kembali melakukan sosialisasi terkait perlindungan dan penyelamatan diri ketika bencana.

"Kami sudah turun ke sekolah-sekolah dan apabila diminta, kami siap beri sosialisasi, ini kan juga program kami Basarnas Goes To School," ucap Aditya.

Ia berharap, dengan adanya kunjungan tersebut dapat memberikan pengetahuan kepada anak-anak dan masyarkat agar lebih waspada dalam menghadapi bencana alam. (Cr1)

  • Bagikan