Setelah UKAW, Panitia Konas FK-PKB Kembali Gelar Aksi Donor Darah di IAKN

  • Bagikan
Prajurit TNI, salah satu peserta mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan pada kegiatan donor darah yang digelar Panitia Konas XV FK-PKB PGI di kampus IAKN Kupang, Jumat (14/10). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Panitia Penyelenggaraan Konsultasi Nasional (Konas), Forum Komunikasi Pria Kaum Bapak (FK-PKB), Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) XV, kembali menyelenggarakan aksis donor darah, Jumat (14/10). Kegiatan donor darah kali ini terselenggara atas kerja sama panitia Konas XV FK-PKB PGI dengan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Kupang.

Aksi kemanusiaan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari penyelenggaraan kegiatan Konas FK-PKB XV yang akan dihelat akhir Oktober ini. Aksi tersebut merupakan kegiatan kedua, setelah sebelumnya digelar di kampus Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang, Sabtu (8/10).

Rektor IAKN Kupang, Harun Natonis menyampaikan terima kasih kepada panitia Konas XV yang melaksanakan kegiatan donor darah tersebut. "Kami sangat mendukung aksi donor darah ini karena akan memberikan dampak dan asas manfaat luar biasa kepada orang lain yang membutuhkan," sebutnya.

Harun mengatakan, aksi donor darah ini dimaknai sebagai suatu tindakan kemanusiaan untuk menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama. "Melalui Panitia Konas XV FK-PKB PGI akan terlahir cinta sesama yang diwujudkan dalam donor darah," sebutnya.

Rasa solidaritas juga menjadi pembelajaran bagi mahasiswa karena akan ada kepekaan terhadap sesama manusia yang sedang membutuhkan. Apa yang diberikan untuk kemanusiaan, ke depan harus diteruskan.

"Kami sangat dukung penuh kegiatan kemanusiaan seperti ini. Dosen, staf, dan mahasiswa terlibat dalam kegiatan ini. Ini pertama tapi animo sangat luar biasa," katanya.

POSE BERSAMA. Rektor IAKN Kupang, Harun Natonis pose bersama panitia Konas XV FK-PKB PGI usai gelar donor darah di kampus IAKN Kupang, Jumat (14/10). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

Harun mengakui sedikit mengalami kesulitan memobilisasi mahasiswa karena banyak yang masih trauma dengan situasi Covid-19 sehingga masih ragu untuk mendonor. Sedangkan lainnya masih dalam kondisi tidak fit dan ada yang tidak memenuhi screening. "Ke depan pasti akan rutin menyelenggarakan aksi kemanusiaan seperti ini. Tentu akan dikerjasamakan bersama PMI," janjinya.

Pengurus Kaum Bapak Sinode GMIT, Simon Petrus Nilli, dalam kesempatan itu menyatakan, aksi donor darah tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari panitia dalam menyambut Konas. "Sudah dua kali kami gelar dengan bekerjasamakan dengan perguruan tinggi, dan ini yang terakhir," sebutnya.

Simon menyebutkan, dari hasil donor darah tersebut terkumpul 54 kantong darah. Ia berharap hasil dari aksi tersebut dapat memenuhi kebutuhan permintaan darah lewat PMI. Selain itu dapat membantu mereka yang sedang membutuhkan.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada para pihak yang sudah membantu dan mendukung demi terselenggaranya kegiatan ini," ucapnya. (r3/gat)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan