KM Express Cantika 77 yang Terbakar Bawa 167 Penumpang dan 10 Crew, Ini Nasib Mereka

  • Bagikan
EVAKUASI. Anggota Basarnas Kupang berusaha mengevakuasi penumpang anak-anak di Perairan Desa Afoan, Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang, Senin (24/10). (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kapala Motor (KM) Express Cantika 77 yang mengangkut penumpang dari Kupang dengan tujuan Kalabahi, Kabupaten Alor terbakar di perairan wilayah Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang, Senin (24/10).

Humas Basarnas Kupang, Nela Amabi kepada TIMEX, Senin (24/10), menjelaskan, bahwa KM Express Cantika 77 merupakan jenis kapal penumpang dengan rute perjalanan Kupang menuju Kalabahi Alor. Saat berlayar, kapal ini mengangkut sebanyak 167 penumpang dann 10 orang crew atau anak buah kapal. "Jumlah POB 177 orang, terdiri dari penumpang 167 orang, dan crew kapal 10 orang," beber Nela.

Menurut Nela, setelah menerima informasi kapal terbakar, Basarnas Kupang langsung terjunkan Tim SAR bersama KN SAR Antareja dengan 41 orang dan berangkat RIB 10 Kupang berjumlah 9 orang. "Saat ini Tim SAR sementara mengevakuasi korban," pungkasnya.

Sementara berdasarkan informasi salah satu anggota kepolisian yang berdinas di Kecamatan Amfoang Utara, menyebutkan sejumlah penumpang ditemukan selamat, dan saat ini dievakuasi ke Pantai Desa Afoan, Kecamatan Amfoang Utara, Kabupaten Kupang.

Menurut sang anggota kepolisian itu, para penumpang bisa cepat ditolong karena ada Kapal Angkatan Laut yang sedang berada di Soliu, Kecamatan Amfoang Timur juga perahu milik masyarakat. "Masyarakat sekitar turun memberi pertolongan sehingga para penumpang bisa cepat ditolong," ungkapnya.

Mengenai jumlah penumpang, anggota ini mengaku belum mengetahui persis karena sedang didata tim intelijen Polsek setempat.

Sementara itu, berdasarkan video yang beredar yang didukomentasikan dari KN SAR Antarera, tim penyelamat telah mengevakuasi satu korban meninggal orang dewasa. Hanya belum dipastikan identitas korban. (r1/aln)

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan