Enam Mahasiswa FISIP Undana Akhiri Program MBKM di TIMEX

  • Bagikan
Mahasiswa MBKM Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Undana foto bersama Penanggungjawab TIMEX online di Ruang Rapat Bisnis TIMEX, Jumat (16/12). (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Enam mahasiswa program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, resmi mengakhiri kegiatan pemagangan mereka di media Timor Express (TIMEX) Kupang, Jumat (16/12).

Akhir program MBKM ini ditandai dengan penarikan kembali enam mahasiswa yang lebih kurang empat bulan melakukan magang di TIMEX. Sebagaimana diketahui, keenam mahasiswa program MBKM FISIP Undana, masing-masing Angga Y. Huan, Anna Maria Dua Keron, Nita Sari, Nurul Husna, Saulus Ngabi Nggaba, dan Tari Rahmaniar melaksanakan program magang di TIMEX sejak 22 Agustus hingga 16 Desember 2022.

Penarikan kembali mahasiswa magang ini berlangsung di ruang rapat bisnis Lt. 3 Graha Pena Timor Express, Kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang. Keenam mahasiswa magang ini dibimbing oleh Juan Ardiles Nafie selaku dosen pembimbing lapangan. Sementara mentor magang di TIMEX adalah Marthen Bana selaku penanggungjawab TIMEX online.

“Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya sudah menerima kami kurang lebih empat bulan di sini, dan kami juga mohon maaf jika ada sikap dan perilaku kami yang kurang menyenangkan baik sengaja maupun tidak disengajai selama kegiatan magang," kata Saulus Ngabi Nggaba, perwakilan mahasiswa magang saat pertemuan penarikan mahasiswa, Jumat (16/12) siang.

"Kami berterima kasih karena selama magang, banyak ilmu dan pengalaman yang sudah kami dapatkan, semoga ini menjadi bekal bagi kami ke depan,” tambah Saulus diamini mahasiswa magang lainnya yang saat itu juga diberi kesempatan menyampaikan kesan dan pesan.

Sementara itu, Marthen Bana selaku Pemred TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID juga menyampaikan terima kasih kepada Undana, khususnya FISIP yang memilih media ini sebagai tempat magang mahasiswa.

Marthen mengaku bahwa para mahasiswa selama kegiatan magang mampu beradaptasi dan melakukan pekerjaannya sesuai arahan mentor. Marthen juga menyatakan bahwa mahasiswa magang kali ini sangat luar biasa karena mereka tidak hanya belajar menjadi jurnalis atau mengenali duania jurnalistik saja sebagaimana program yang mereka ambil di bangku kuliah.

Namun, dalam program MBKM ini para mahasiswa mampu berkreasi dan berinovasi lewat kreatifitas mereka masing-masing.

“Kita juga berterima kasih selama kurang lebih empat bulan sama-sama di sini, adik-adik semua begitu aktif dan kreatif. Sebagai mentor di sini, saya senang dengan keaktifan adik-adik, dimana kalian belajar bukan hanya untuk menjadi jurnalis tetapi juga bisa menyelenggarakan event. Ini bukti kreatifitas adik-adik. Adik-adik juga inovatif dan menjaga tata krama. Terima kasih juga telah membantu kami selama berada di sini,” ujar Marthen.

Manager Iklan/Promosi, Yula Manafe menambahkan, mahasiswa magang mampu beradaptasi dengan baik dan banyak belajar mengenai dunia kerja. “Apa yang adik-adik dapatkan dari sini ambil sisi positifnya lalu kembangkan di luar setelah selesai, karena dunia kerja sebenarnya yang seperti ini yang adik-adik lihat dan dapati di sini itulah dunia kerja yang nyata,” kata Yula.

Juan Ardiles Nafie, S.IKom., M.IKom, selaku dosen pembimbing mahasiswa mengucapkan banyak terima kasih kepada TIMEX yang sudah memberi kesempatan bagi mahasiswanya untuk megang.

Sebagai bentuk rasa terima kasih, para mahasiswa magang menyerahkan cinderamata sebagai kenang-kenangan. Momen itu diakhiri dengan makan bersama yang dihadiri Penanggungjawab TIMEX Online, Marthen Bana, Sekretaris Redaksi, Linda Makandoloe, Manager Iklan/Promosi, Yula Manafe, Manajer Sirkulasi, Yusuf Landumata, Manajer Promosi, Yoppy Lati, dan karyawan TIMEX lainnya. (*)

Penulis: Nurul Husna
Editor: Marthen Bana

  • Bagikan