Edukasi Pemilih, KPU Gelar Sosialisasi dengan Jalan Sehat

  • Bagikan
JALAN SEHAT. Ketua KPU NTT Thomas Dohu saat melepas peserta jalan sehat dalam kegiatan sosialisasi peningkatan partisipasi masyarakat dalam pemilu 2024 di depan KPU NTT, Jumat (30/13). (INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Komisi Pemilihan Umum (KPU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) mengedukasi masyarakat tentang pemilihan dengan cara berbeda. Warga kota kupang ini diajak mengikuti kegiatan gerak jalan sehat.

Ratusan peserta mengikuti jalan sehat berlangsung sekira pukul 16.15 wita, Jumat (30/12) dengan mengambil titik star di depan Kantor KPU NTT, jalan Polisi Militer Kota Kupang.

Sejumlah komisioner KPU NTT dan Forkompinda hadir dan peserta dilepas secara resmi oleh Ketua KPU Thomas Dohu.

Dalam sambutan singkatnya, Thomas menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang sadar akan penyelenggaraan pemilu.

Ia mengajak masyarakat untuk ikut berpartisipasi tidak hanya pada pemilu atau hari H tapi semua rangakaian pemilu yang diselenggarakan.

Komisioner KPU NTT, Yosafat Koli menambahkan, kegiatan hari ini adalah jalan sehat untuk sosialiasi pemilih yang berkualitas dan bermartabat, dengan mengusung tema 'Beta NTT, Beta Bangga Iko Pemilu'.

Tema itu sengaja di angkat untuk memastikan bahwa urusan pemilu itu bukan semata menjadi tanggungjawab penyelenggara pemilu, tetapi menjadi tanggungjawab dari masyarakat umum.

"Mereka juga harus ikut mengambil bagian dalam seluruh proses dan tahapan. Banyak yang bilang partispasi pemilu itu pergi ke TPS dan selesai. Padahal urusan kedaulatan, urusan kita semua," jelasnya.

Partisipasi pemilih sangat dibutuhkan untuk menegaskan bahwa porsi kewenangan yang diberikan masyarakat ke pemimpin telah sesuai. Memberikan suara paada saat hari pemungutan hanya bagian lainnya.

Paling penting adalah mengikuti secara baik keseluruhan proses dan tahapan seperti pendaftaran pemilih. Kalau semua masyarakat ingin terlibat maka harus meningkatkan partisipasinya.

Ia mengaku kegiatan ini diikuti lebih dari 900 orang yang berasal dari berbagai kalangan dan daerah yang ada di sekitar Kota Kupang.

Yosafat berharap agar kegiatan atau sosialisasi serupa bisa ditiru oleh KPU di tingkat daerah dalam rangka memantik partisipasi masyarakat untuk terlibat langsung dalam proses pemilu.

Adapun rute jalan sehat yang akan dilalui, antara lain, jalan Polisi Militer (start), masuk jalan W.J Lalamentik, Bundaran El Tari, dan Lampu Merah Carah Indah dan berbelok ke jalan Suprapto, jalan El Tari lalu finis di halaman Kantor Gubernur. (r3)

  • Bagikan