IKAS Kupang Gelar Nataru 2023 dan Berbagi Kasih ke Panti Asuhan

  • Bagikan
BERBAGI KASIH. Ketua Panitia Nataru 2023 IKAS Kupang, Eduard Gana bersama Sekpan, Umbu Lily Pekuali dan anggota panitia lainnya melakukan kegiatan berbagi kasih dengan sejumlah keluarga kurang mampu dan mengunjungi panti asuhan di Kota Kupang. (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Warga asal Pulau Sumba di Kupang yang tergabung dalam organisasi Ikatan Keluarga Asal Sumba (IKAS) akan menggelar perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Kegiatan ini akan dilaksanakan Sabtu (7/1) di GOR Flobamora, Kota Kupang. Rencananya, perayaan Nataru keluarga besar IKAS Kupang ini akan dihadiri Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL).

Sebelum menggelar perayaan Nataru 2023, IKAS Kupang melakukan kegiatan sosial dengan berbagi bantuan kepada beberapa keluarga kurang mampu dan mengunjungi Panti Asuhan yang ada di Kota Kupang.

Ketua Panitia Nataru IKAS Kupang, Drs. Eduard Gana, M.Si mengatakan, organisasi yang dibentuk pada 16 Februari 1962 ini merupakan wadah berkumpulnya orang Sumba di Kupang. Tujuannya untuk tetap dan terus menjaga serta memperkuat rasa persaudaraan dan kekeluargaan di tanah rantau.

Menurut Edu Gana, dengan terbentuknya IKAS, maka sudah merupakan kewajiban orang Sumba sebagai warga Kota Kupang untuk ikut berpartisipasi secara bertanggungjawab dalam membangun, memperkuat kebersamaan dengan komponen masyarakat lain dan ikut berpartisipasi penuh membangun Kota Kupang sebagai kota yang aman, damai, dan tertib.

Untuk tahun 2022, lanjutnya, IKAS menyelenggarakan Natal dan Tahun Baru 2023 dalam bentuk ibadah Oikumene, dengan tujuan memperkuat jalinan persaudaraan dan kekeluargaan di antara anggota keluarga orang Sumba yang ada di Kota Kupang. Selain itu, memperkuat dan mempererat kerukunan serta toleransi antarumat beragama di Kota Kupang, khususnya keluarga besar Sumba Kupang dengan keragaman latar belakang, budaya, dan agama.

Menurut Edu Gana, perayaan Nataru bersama ini juga sebagai media untuk meningkatkan ketaatan dan ketagwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa di kalangan anggota keluarga Sumba dan dalam pergaulannya dengan komunitas etnis lain di Kota Kupang.

“Dengan ini, kami sekaligus mengundang seluruh keluarga Sumba yang ada di Kupang untuk hadir pada momentum Nataru,” katanya.

Selain merayakan Nataru 2023, tambah Edu Gana, IKAS juga melakukan beberapa kegiatan lainnya seperti menyalurkan bansos dalam bentuk pemberian sembako kepada keluarga-keluarga kurang mampu sebanyak 13 KK dan pelayanan kasih ke tiga Panti Asuhan di Kota Kupang dengan representasi panti asuhan Kristen, Katolik, dan Islam. Aksi sosial lainnya adalah kegiatan donor darah bekerja sama dengan UPTD Palang Merah Indonesia (PMI).

Turut hadir dalam dalam penyerahan bansos, Ketua Panitia Nataru 2023 IKAS, Drs. Eduard Gana M.Si, dan Sekpan, Dr. Umbu Lily Pekuali, M.Hum dan anggota panitia lainnya. (*/aln)

  • Bagikan