Menhub Budi Karya: Jumlah Penumpang Angkutan Nataru Naik 71 Persen

  • Bagikan
ARUS BALIK: Ratusan Penumpang Kereta Api Cikuray Garut - Pasar Senen Tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (2/1/2022). (FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS)

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi mengatakan, sebanyak 10,31 juta orang melakukan perjalanan dengan angkutan pada masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Jumlah ini meningkat 71,09 persen dibandingkan angkutan Nataru tahun sebelumnya, yakni 6,03 juta penumpang.

”Kenaikan jumlah penumpang terjadi di seluruh moda transportasi. Baik angkutan jalan, penyeberangan, laut, udara, maupun kereta api,” ungkap Budi Karya Sumadi saat penutupan Posko Angkutan Nataru, Rabu (4/1).

Selain lonjakan penumpang angkutan umum, lanjut Budi, jumlah kendaraan keluar Jabodetabek yang terpantau melalui empat gerbang tol utama meningkat 7,54 persen. Yakni, 2,24 juta kendaraan dibandingkan tahun lalu yang mencapai 2,07 juta kendaraan. Jumlah yang masuk meningkat 7,48 persen atau 2,18 juta kendaraan dari sebelumnya 2,01 juta kendaraan.

”Adanya cuaca ekstrem pada masa libur Nataru ini juga mengakibatkan terganggunya beberapa perjalanan angkutan umum. Seperti penundaan ataupun pembatalan perjalanan,” terang dia.

Beberapa evaluasi menjadi catatan untuk persiapan menghadapi angkutan Lebaran tahun ini. Di antaranya, sinkronisasi yang lebih baik antara pengambilan kebijakan dan pelaksanaan di lapangan, pengaturan cuti bersama dan waktu libur sekolah untuk membagi beban lalu lintas jalan, serta menyiapkan armada angkutan umum yang memadai. (gih/c19/fal/JPG)

  • Bagikan