Bupati Manggarai Lantik 115 Pejabat karena Dipandang Cakap dan Pantas

  • Bagikan
PELANTIKAN. Saksi rohaniawan saat mendampingi para pejabat yang dilantik oleh Bupati Hery Nabit di gedung MCC Ruteng, Jumat (17/2). (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

RUTENG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Bupati Manggarai, Hery Nabit, melantik sebanyak 115 orang pejabat Administrasi dan Fungsional lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai, di gedung MCC Ruteng, Kecamatan Langke Rembong, Jumat (17/12).

Bupati Hery Nabit melakukan pelantikan itu karena ke-115 pejabat tersebut dipandang cakap dan pantas menjalankan tugas pokok yang akan mereka emban nanti.

“Hari ini saudara-saudara dilantik, itu karena dipercaya serta dipandang cakap dan pantas untuk menjalankan tugas pokok serta fungsi pada organisasi tempat saudara-saudari bekerja. Pokok dari sebuah jabatan itu kepercayaan. Jabatan bukan hak, tetapi kepercayaan," kata Bupati Hery Nabit.

Ketika dianggap cakap dan pantas, lanjut Bupati Hery, maka dia ditempatkan dalam sebuah jabatan yang memiliki nomenklatur. Kepercayaan itu harus diemban dengan rasa penuh tanggung jawab. Pelantikan ini juga dalam rangka penyesuaian nomenklatur jabatan fungsional karena ada perubahan regulasi.

Bupati Hery mengingatkan para pejabat terlantik untuk memahami peran yang dipercayakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sebab saat ini terdapat banyak tantangan yang harus mereka hadapi sesuai bidangnya masing-masing.

"Pesan saya, untuk senantiasa menjadi pribadi yang terbuka dan pembelajar untuk menjadi ASN yang lebih baik. Saya juga mengajak kita semua, untuk meningkatkan kompetensi yang ada, dan tidak berpuas diri pada satu kompetensi saja. Mari mengembangkan talenta-talenta lain, dan jangan biarkan talenta-talenta itu dikubur di dalam tanah," tandasnya.

Bupati Hery Nabit juga meminta agar para pegawai senantiasa membangun komunikasi dan kerja sama yang baik dengan rekan sejawat maupun seluruh stakeholder. Setidaknya dengan jalinan relasi yang baik, para pejabat akan mendapatkan ilmu dan bantuan dari pihak-pihak tersebut.

Di sisi lain keterbatasan anggaran, katanya, pejabat yang dilantik kiranya dapat menggunakan anggaran secara bijak, efektif, dan efisien.

"Kita ditempatkan dalam lintasan hidup yang tidak mudah, dan kita dituntut untuk melakukan pembangunan. Sekiranya kita bisa memanfaatkan penggunaan uang untuk hal-hal yang memang dibutuhkan. Tidak perlu terjebak dalam gaya hidup yang membuat perekonomian pegawai menjadi tidak sehat," tegas Bupati Hery.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut, Sekda Manggarai, Fansi Jahang, pimpinan OPD, para saksi rohaniwan, dan saksi ASN. Dari sebanyak 115 pejabat yang dilantik itu, sebanyak 10 orang menduduki jabatan administrator, 54 orang dalam jabatan pengawas, serta 51 orang dilantik dalam jabatan fungsional. (*)

Penulis: Fansi Runggat

Editor: Marthen Bana

  • Bagikan