Peringati HPSN, Warga RW 8 Kelurahan Kelapa Lima ‘Keroyok’ Sampah

  • Bagikan
KERJA BAKTI. Tampak warga RW 08 Kelurahan Kelapa Lima, sementara kerja bakti dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional. Diabadikan, Selasa (21/2). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2023, warga RT 18 dan 19, RW 8, Kelurahan Kelapa Lima, Kecamatan Kelapa Lima, keroyokan membersihkan sampah.

Lahan kosong di samping rumah jabatan (Rujab) menjadi sasaran kerja bakti kali ini. Selain warga, turut berpartisipasi petugas Kopdit Pintu Air dalam aksi kerja bakti tersebut.

Ketua RT 19/RW 8, Kelurahan Kelapa Lima, Lery Riwu, menjelaskan bahwa masih ada yang membuang sampah sembarangan tempat sehingga kesulitan kendalikan sampah di wilayahnya.

"Semoga hari peduli sampah nasional dan lewat aksi kerja bakti ini diharapkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dapat ditingkatkan," ungkapnya, Selasa (21/2).

Dikatakan, kerja bakti itu diikuti seluruh warga tanpa terkecuali termasuk penghuni kos-kosan di wilayahnya.

Kerja bakti dalam pembersihan sampah ini hanya berpusat di lahan kosong samping rumah jabatan Walikota Kupang mengingat lokasi sering dijadikan tempat pembuangan sampah oleh oknum warga dari luar wilayahnya.

Untuk kontainer sampah di wilayah RT 19 ada satu unit hanya khusus warga RW 08 saja dan tidak menampung sampah dari warga luar RW 08 Kelurahan Kelapa Lima.

"Kita sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kelurahan Kelapa Lima agar setiap RT bertanggung jawab di wilayah masing-masing. Setiap RT itu harus ada kontainer sampah sehingga warga tidak membuang sampah di kontainer yang ada di RT lain," jelasnya.

Sementara Ketua RW 08 Kelurahan Kelapa Lima, Jon Lay, sangat menyayangkan aksi oknum-oknum yang tidak memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan sehingga membuang sampah sembarang tempat. Sampah dibuang sembarangan pada lahan kosong samping Rujab Walikota merupakan wilayah RW 08 Kelurahan Kelapa Lima.

"Sampah yang dibuang sembarangan ini saya pastikan bukan warga saya karena saya sudah sampaikan kepada warga untuk buang sampah pada kontainer sampah yang ada di RW 08 sesuai dengan waktu yang telah ditentukan," ungkapnya.

Pihaknya sempat melakukan penjagaan dilokasi yang menjadi sasaran tempat pembuangan sampah sembarangan ini tapi oknum-oknum itu lihai melihat situasi.

Jon Lay berharap kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarang tempat. Karena lingkungan bersih pangkal sehat.

"Ketika dapati warga yang buang sampah sembarangan tempat akan diberikan sanksi sesuai Perda," tandasnya. (r1)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan