Lepas 29 Calon Wisudawan, Begini Pesan Dekan FPIK UKAW Kupang

  • Bagikan
PENYERAHAN SERTIFIKAT. Dekan FKIP UKAW Kupang, Umbu P. L. Dawa, S.Pi, M.Sc menyerahkan sertifikat kelulusan kepada salah satu calon wisudawan di Aula Perpustakaan UKAW Kupang, Senin (20/3). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang kembali melepas sebanyak 29 orang calon wisudawan angkatan ke-47.

Para calon wisudawan telah menyelesaikan studinya di dua Prodi yakni Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan dan Teknologi Hasil Perikanan sehingga berhak menyandang gelar sarjana.

Pelepasan tersebut ditandai dengan ibadah syukuran bersama dengan orangtua di Aula Perpustakaan UKAW Kupang, Senin (20/3).

Dekan FPIK UKAW Kupang, Umbu P. L. Dawa, S.Pi, M.Sc mengatakan sudah menjadi hal yang lazim dalam kehidupan di dunia ini, ada saat kita bertemu dan ada pula saat kita berpisah.

"Momentum tersebut adalah malam yang sangat bersejarah bagi para calon wisudawan, karena malam ini adalah malam terakhir anda secara formal berstatus sebagai mahasiswa FPIK, dan malam ini kami lepas statusnya sebagai mahasiswa dan manjadi alumni FPIK UKAW," ujarnya.

"Sebagai pimpinan fakultas saya mengucapkan selamat atas keberhasilan Anda meraih gelar sarjana. Semoga dengan gelar yang Anda capai dapat membawa manfaat bagi pribadi, keluarga, dan bagi masyarakat," ungkapnya.

Dikatakan, selama mengikuti proses pembelajaran di FPIK UKAW banyak bekal yang telah didapat, baik di ruang kuliah maupun dari kegiataan ekstra kurikuler. Ia berharap bekal ini dapat digunakan untuk mengarungi kehidupan berikutnya, yaitu kehidupan nyata di universitas masyarakat luas, yang penuh dengan tantangan dan persaingan.

"Selaku pimpinan fakultas saya mohon maaf jika selama berinteraksi melalui proses pembelajaran di FPIK UKAW, dari kami banyak kekurangan dan kesalahan. Begitu juga sebaliknya kami pun sudah memaafkan jika ada kesalahan dari para calon wisudawan semua," sebutnya.

Tidak ada bekal paling indah yang diberikan selain bekal rotan yang menyakitkan, ungkapan kata yang membuat ketidaknyamanan namun semuanya itu dilakukan atas dasar cinta yang tulus kepada anak-anak kami sekalian agar kelak kiranya menjadi sukses dan berhasil kedepannya.

"Kebahagaian anda adalah sukacita kami, sukses anda adalah kebahagiaan kami. Oleh karena itu marilah kita bersama-sama mensyukurinya sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang bagi kita sekalian," pintanya.

Setelah tanggal 25 Maret 2023 secara resmi diwisuda, dan berhak menyandang gelar sarjana. Banyak tantangan ke depan yang harus di taklukan. Untuk itu, nama Universitas Kristen Artha Wacana, diharapkan nilai-nilai luhur yang diajarkan melalui kegiatan pembelajaran tentang imago dei jangan sampai dilupakan dan sedapat mungkin diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Ia juga menjampqikan empat pesan moral untuk para calon wisudawan bahwa jangan pernah berhenti untuk terus belajar. Sebab, masa depan hanya bisa diraih oleh orang-orang yang mempunyai motivasi belajar tinggi. Dan bisa mengimplementasikan ilmunya di tengah masyarakat.

Terus jungjung tinggi nama baik lembaga dan almamater. Sebab, kompetensi lulusan FPIK UKAW tidak diragukan lagi ditengah masyarakat, seperti halnya lulusan Perguruan Tinggi yang lainnya, namun, yang terpenting harus manjaga perilaku dan moralitas di masyarakat dan keluarga.

Biasakan mendoakan orang-orang yang telah punya peran besar dalam mewujudkan cita-cita kalian, terutama orang tua, dosen atau guru. Hormati orang tua, karena mereka telah banyak berkorban baik moril maupun spiritual. Orangtua tidak mengharapkan apa apa selain anaknya bahagia dan sukses.

"Kesuksesan seorang anak merupakan kebanggaan orang tua, meski belum sepadan dengan pengorbanan mereka. Begitu juga selalu berdoa untuk para guru dan dosen yang telah mendidik dan mengajar ilmu dan hikmah sehingga anda bisa menggapai kesuksesan dalam hidup," pintanya.

Membiasakan diri menjadi orang yang mampu menciptakan atau menjadi pelaku ketimbang menjadi yang hanya memanfaatkan atau sebagai pengguna.

"Walaupun Anda semua sudah menjadi alumni, kami harapkan silaturrahmi kita tetap terjaga dengan baik melalui media sosial dan melalui kegiatan apa saja. Kita juga punya wadah Ikatan Alumni FPIK UKAW. Karena itu bergabunglah dengan semua alumni yang hingga saat ini sudah berjumlah 812 orang alumni," tandasnya.

Kepada para orang tua calon wisudawan, ia menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas kepercayaan kepada FPIK UKAW untuk mengikuti proses belajar mengajar.

"Tidak banyak ilmu yang kami berikan, namun kami berharap dengan sedikit ilmu yang mereka telah terima sekiranya dapat mereka kembangkan untuk pencapaian akan masa depan mereka. Terima kasih sekali lagi saya sampaikan kepada bapak mama sekalian dan apabila masih berkenan dan mempercayai Fakultas kami, maka kiranya tak ada kebosanan untuk mengirimkan sebanyak-banyaknya anak-anak dari Bapak Mama untuk memilih kuliah FPIK UKAW," pintanya. (r3)

  • Bagikan