ASDP Kupang Tambah Dua Kapal Besar dan Extra Tiga Trip

  • Bagikan

Angkut Peziarah Ikut Prosesi Semana Santa

KUPANG,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang mendukung Prosesi Semana Santa di Kota Larantuka, Kabupaten Flores Timur ditandai dengan penambahan dua Kapal Besar dan Extra Tiga Trip guna mengangkut peziarah mengikuti prosesi Semana Santa.

"Setiap hari mulai Tanggal 30 Maret 2023 sampai tanggal 5 April 2023 ada Kapal yang mengangkut peziarah Kupang-Larantuka," jelas GM PT.ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang, Syamsudin, kepada TIMEX di ruang kerjanya, Kamis (30/3).

Syamsudin menekankan kepada pengguna jasa agar tidak berangkat dengan waktu bersamaan dengan jumlah yang banyak pada hari-hari terakhir karena kapasitas kapal juga terbatas.

Pelayaran reguler atau jadwal pelayaran yang sudah tetap waktunya itu ada tiga trip, tapi dalam mendukung Prosesi Semana Santa ini dari pihak ASDP menambahkan lagi tiga extra Trip, sehingga ada enam Trip.

"Ini adalah salah satu bentuk dukungan kami kepada saudara-saudara kami yang melaksanakan prosesi Semana Santa dan Paskah di Larantuka," ungkapnya.

Syamsudin menambahkan bahwa waktu itu dari Kadishub Provinsi NTT hanya meminta penambahan satu trip saja, tetapi pihaknya berikan tiga extra trip.

"Kami berusaha dengan baik, tolong jaga kondusifitas dilapangan. Kita sepakat seluruh penumpang berbayar karena ketika kapal kami balik juga pasti kosong atau tidak ada penumpang," jelasnya.

Sementara Manager Usaha PT.ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang, Andri Matte, menjelaskan bahwa ASDP menyiapkan dua kapal besar yakni KMP Lakaan dan KMP Inerie II. Dua KMP ini kecepatannya sangat baik. Kemudian kapasitasnya juga menampung ratusan orang.

Selain penumpang, Kapal tersebut juga mengangkut Logistik. Tujuannya saat dilokasi kegiatan tidak terjadi lonjakan harga karena kebutuhan terbatas.

"Bagi yang mengikuti prosesi Semana Santa ini dari ASDP sudah konsen. Antisipasi over kapasitas sehingga pihak ASDP siapkan dua kapal besar," jelasnya.

KMP Lakaan ini kapasitas 800 orang. Peralatan keselamatan memadai. Mulai dari Lefrat merupakan salah satu jenis alat keselamatan yang ada diatas kapal yang bisa mengangkut 35 orang. Selain itu, kesiapan life jackets atau baju pelampung juga ada. Kemudian KMP Inerie II itu kapasitas 600 orang.

"ASDP turut mendukung Prosesi Semana Santa dengan menambah tiga Trep dengan menambah dua kapal besar yakni KMP Inerie II dan KMP Lakaan," jelasnya.

Pada Kamis (30/3) KMP Ranaka sudah mulai beroperasi mengangkut penumpang menuju Larantuka. Berangkat tadi pukul 14.00 Wita. Memasuki tanggal 1 April 2023 ini KMP Lakaan berangkat dari Kupang tujuan Larantuka pada pukul 14.00 Wita.

Selanjutnya tanggal 2 April 2023 itu KMP Inerie II dari Kupang-Larantuka berangkat pukul 14.00 Wita. Tanggal 3 April 2023, KMP Lakaan dari Kupang-Larantuka berangkat pukul 14.00 Wita. Memasuki tanggal 5 April 2023, KMP Lakaan dari Kupang-Larantuka berangkat pukul 14.00 Wita.

"Diharapkan kepada pengguna jasa agar bisa memanfaatkan jadwal keberangkatan kapal ini agar tidak berangkat pada waktu yang sama karena kapasitas kapal juga terbatas," tutupnya. (r1)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan