DPC Patelki Eliminasi Penyakit Diabetes, Hipertensi, hingga TBC di Kota Kupang

  • Bagikan
POSE BERSAMA. Penjabat Walikota Kupang pose bersama anggota dan pengurus DPC Patelki Kota Kupang usai acara serimoni pembukaan kegiatan pengobatan gratis di halaman Kantor Walikota Kupang, Jumat (14/4). (FOTO: RESTI SELI/TIMEX).

Gelar Pengobatan Gratis, Songsong HUT-37 Patelki

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Ahli Teknologi Indonesia (Patelki) Kota Kupang menggelar kegiatan pengobatan gratis sebagai upaya mengeliminasi penyakit menular maupun tidak menular yang diderita masyarakat.

Pengobatan gratis ini dilakukan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat menyongsong hari ulang tahun (HUT) Patelki ke-37 yang jatuh pada tanggal 26 April mendatang

DPC Patelki Kota Kupang memilih alun-alun Kantor Walikota Kupang sebagai lokasi pelayanan kesehatan gratis dan dibuka langsung oleh Penjabat Walikota Kupang, Goerge M. Hadjoh, Sabtu (15/4).

Ketua DPC Patelki Kota Kupang, Dicky Fangidae menjelaskan kegiatan tersebut dilangsungkan secara serentak di seluruh Indonesia.

"Setiap DPC di seluruh Indonesia serempak mengadakan ini, puncaknya nanti tanggal 26 April," sebut Dicky.

Rangkaian acara, kata Dicky, terselenggara atas berkat dan dukungan pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Kesehatan dan sejumlah pihak lainnya.

"Kita bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Kupang untuk mendukung eliminasi angka penyakit tidak menular seperti Diabetes dan Hipertensi dan penyakit menular seperti TBC," pungkas Dicky.

Ditambahkan, puncak HUT Patelki nanti, pihaknya akan menggelar peningkatan kompetensi pemeriksaan laboratorium untuk penyakit TBC sebagai kontribusi untuk pembangunan kesehatan di Kota Kupang, dengan mengkaji bersama pemerintah untuk mengeliminasi kasus seperti TBC di tahun 2030 nanti.

Lanjutnya, sebelum pengobatan gratis, terlebih dahulu digelar senam bersama di lapangan Kantor Walikota Kupang dengan melibatkan mahasiswa Poltekkes Kemenkes Kupang serta sejumlah UMKM.

"Dalam menentukan fokus pergerakannya, Patelki selalu mengikuti arahan dari Kemenkes. Tahun ini terkait transformasi kesehatan, jadi kita berusaha berkontribusi bagaimana membuat transformasi di bidang laboratorium," ujarnya.

Penjabat Walikota Kupang George Hadjoh mengawali sambutanya, menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat ulang tahun kepada pengurus DPC Patelki Kota Kupang.

Mantan Karo Umum Setda NTT itu mengaku bangga melihat anak muda yang turut berkontribusi bagi Kota Kupang saat ini. "Anak muda yang tulus dan memberi segala sesuatu untuk kebaikan sesama," ucapnya.

George menyebut, terdapat beberapa hal mulia yang harus dilakukan oleh manusia, yakni melayani orang lapar, haus, terpenjara, telanjang dan orang asing.

"Terakhir, melayani orang sakit dan ini yang sedang dikerjakan oleh Patelki," tutupnya. (cr1)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan