Paskah KKT Kupang Pererat Nilai Kekerabatan Sangtorayan

  • Bagikan
PS PUKAT saat tampil di perayaan Paskah KKT Kupang, Jumat (21/4). (FOTO: RUDI MANDALLING/TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kerukunan Keluraga Toraja (KKT) di Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar perayaan Paskah di Kaniti, Desa Penfui Timur, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Jumat (21/4). Perayaan ini dihadiri ratusan anggota KKT di Kupang dan sekitarnya.

"Hanya karena kasih Kristus kepada kita, sehingga kita sangtorayan bisa hadir dan dikumpulkan dalam perayaan Paskah Kerukunan Keluarga Toraja di Kupang, Provinsi NTT, saat ini," ungkap Pendeta Gereja Toraja Jemaat Kupang, Pdt. Jonathan, sesaat sebelum memimpin doa syafaat.

Ibadah perayaan Paskah KKT Kupang dilakukan secara oikumene dipimpin Pater Selestinus Panggarra, CMF., Pdt. Jonathan, Pdt. Amirullah, dan Pdt. Alexander Palondongan.

"Kebangkitan Tuhan Yesus yang menandai Paskah, semoga makin mempererat nilai-nilai kekerabatan kita sebagai sangtorayan di tanah rantau, yang telah membentuk tubuh Kristus, sehingga tetap berada dalam persekutuan, karena Kristus ada dalam kita," khotbah Pater Selestinus Panggarra, CMF.

Pagelaran Paskah KKT Kupang kian marua', karena menyajikan beberapa makanan khas Toraja seperti burak, pammarrasan, belundak, kapurung, dangkot dan tidak ketinggalan kue deppa tori.

Menu khas Toraja ini ditawarkan ibu-ibu KKT yang selama ini bernaung di komunitas UMKM. Selain itu, tampilnya Paduan Suara PUKAT, PS Sangina, PS Gereja Toraja, PS Sikamali, dan PS Tongkonan, menambah semarak Paskah KKT.

Perayaan Paskah KKT itu juga diisi dengan aneka kegiatan, salah satunya lomba tarik tambang. Lomba ini merupakan momen pembuktian kelompok mana yang terkuat, jadi tontonan mengasyikan.

Ketua Panitia Natal dan Paskah KKT 2022-2023, Lismanuel Allo Linggi, dalam laporannya menyebutkan, pelaksanaan Natal dan Paskah KKT bisa berlangsung dengan baik dan lancar, berkat keterlibatan semua anggota keluarga KKT.

Karena itu, pria yang karib disapa Pong Audrey ini menyampaikan rasa terima kasihnya atas segala sumbangsih yang telah diberikan.

"Terima kasih kepada panitia yang sudah mempersiapkan acara Paskah ini. Sekiranya ada kekurangan selama kepanitiaan ini, kami mohon maaf. Kami juga menyampaikan terima kasih kepada Joe Shop Kupang yang telah mensponsori Paskah KKT, semoga kerjasama ini bisa berlanjut pada even-even Toraja selanjutnya," ucap Pong Audrey.

Ungkapan senada juga dilecutkan Ketua KKT Kupang, Provinsi NTT, Daud Pulo Mangesa. Dalam sambutannya, pria yang akrab disapa Pong Tini itu menandaskan komitmen pengurus KKT yang akan terus melibatkan warga Toraja maupun diaspora sangtorayan di NTT, dalam berbagai program kerja yang telah dirancang.

Menurut dosen Fakultas Teknik Undana ini, tatanan keharmonisan warga Toraja yang sudah berjalan secara baik, perlu terus dilestarikan bahkan ditingkatkan.
"Mari, sebagai sesama sangtorayan kita jaga keutuhan kerukunan ini, sehingga tercipta keselarasan dan keharmonisan yang kita dambakan bersama. Aihiii..iii, meoli komi, pissan pa, tole pi," koar Pong Tini bersemangat. (rum)

  • Bagikan