SMA Mercusuar Kupang Lepas 105 Lulusan

  • Bagikan
POSE BERSAMA. Sejumlah lulusan tengah pose bersama usai acara pelepasan siswa angkatan ke-XIX di Resto Subasuka Paradise, Senin (8/5). (FOTO: RESTI SELI/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Kristen Mercusuar Kupang melepas sebanyak 105 orang lulusan. Acara pelepasan lulusan kelas XII, Angkatan ke-XIX digelar di Resto Subasuka Paradise, Senin (8/5).

Rangkaian acara diawali dengan ibadah bersama dengan mengusung tema "Karena Masa Depan Sungguh Ada dan Harapanmu Tidak Akan Pernah Hilang".

Kepala SMA Mercusuar Kupang, Soleman Dapa Taka mengatakan, total keseluruhan lulusan seharusnya terdapat 106 siswa namun satu siswa masih sementara mengikuti pertukaran pelajar di California, Amerika Serikat.

"Kami lepaskan 105 siswa dari 106 total yang harusnya ikut ujian dan diluluskan. Satu orang sedang mengikuti Program Pertukaran Pelajar di Amerika. Dia adalah orang ke-8 yang pernah dan saat ini sedang belajar di luar negeri," jelas Soleman.

Soleman mengatakan, tantangan dan hambatan begitu besar dilewati oleh 105 siswa tersebut, seperti Badai Seroja dan Pandemi Covid-19 yang melanda.

"Tidak mudah untuk bisa bertahan dan tetap belajar hingga tamat dengan baik dengan standar yang sangat tinggi di Mercusuar," katanya.

Ia mengucapkan selamat atas keberhasilan anak didiknya, sebab selama berproses di Mercusuar, siswa dapat menunjukkan prestasi yang gemilang. Bahkan, ia menyebut sudah ada 8 siswa yang lulus Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP).

Ia berpesan kepada lulusan agar dapat memanfaatkan bekal ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap dan karakter yang disemaikan oleh guru-guru selama tiga tahun terakhir sebagai anak tangga yang kokoh untuk menapaki tangga berikutnya

"Semua bekal yang sudah diberikan semoga dapat berguna bagi kalian yang akan melangkah ke jenjang lebih tinggi, sebagai mahasiswa, karyawan/pegawai, maupun yang berwirausaha," sebutnya.

Soleman mendorong agar lulusan dapat terus melangkah menggapai mimpi masing-masing, serta selalu mengandalkan Tuhan. "Tetap jadi terang dan saksi kebaikan, kebenaran dan saksi Kristus dimanapun kalian berada," pesannya.

Jurice Benu, salah satu luluan, dalam kesan dan pesannya mengatakan, momen dan memori di SMA sangat penting dan indah. Dan tidak ada perjalanan yang tidak membekas.

"Ada banyak tantangan, jatuh bangun dan gagal, namun bisa bangkit kembali. Kalau bukan karena Tuhan, kami tidak bisa sampai titik ini," ucapnya sambil berlinang airmata.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang telah mengayomi dan membangun karakter melalui pendidikan, dengan balutan kasih persaudaraan yang hangat.

"Kepala sekolah hingga guru sangat akrab dan dekat dengan kami, bahkan kami selalu disapa dengan panggilan, kakak, anak, dan nona," tutur Ike.

Tak lupa, pada kesempatan itu, ia menyampaikan terima kasih kepada keluarga yang telah berjuang menyekolahkannya.

Perwakilan orangtua siswa, Sanci Tnunay mengungkapkan, rasa terima kasihnya kepada guru yang telah membimbing anak-anak menjadi berilmu dan berkepribadian baik. "Anak-anak tampak begitu bahagia karena tiga tahun dibimbing dengan penuh kasih sayang," ucap Sanci.

Dirinya juga menyampaikan, Mercusuar memberikan pelayanan pendidikan yang tepat kepada anak. Melalui sarana prasarana sekolah yang mumpuni dan pembelajaran yang dikemas dengan menarik.

Untuk itu, ia berharap Mercusuar dapat mempertahankan serta meningkatkan kualitas pelayanan pendidikannya kepada masyarakat NTT.

Untuk diketahui, terdapat sebanyak sembilan lulusan terbaik dari Jurusan IPA dan IPS, masing-masing:

Lulusan Terbaik Jurusan IPA:

  1. Cicilia Ndaomanu 97.78
  2. Lindy Octaviani Banni 97.42
  3. Marpin Julian Sihasale 97.19
  4. Juneri Cinta Pandango 97.12
  5. Jasmine Emanuela Meda 96.77
  6. Fanya J. O. Tnunay 96.66

Lulusan Terbaik Jurusan IPS

  1. Yosua Buce Allo 97.03
  2. Nova Priskila Adoe 96.36
  3. Meisya Rianti Suek 96.31. (cr1)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan