Kenali dan Cintai Seni Budaya NTT, SDK Sta. Familia Sikumana Gelar Pensi

  • Bagikan
PENSI. Tampak anak-anak menampilkan tarian daerah pada Pensi budaya daerah dan pameran karya kreatif di Halaman SDK Sta. Familia Sikumana Kupang, Kamis (15/6). (FOTO: ISTIMEWA).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Ratusan Siswa Sekolah Dasar Katolik (SDK) Sta. Familia Sikumana Kupang menampilkan beragam kemampuannya melalui ajang Pentas Seni (Pensi) budaya daerah dan pameran karya kreatif di halaman sekolah, Kamis (15/6).

Pensi tersebut bertujuan agar anak-anak dapat mengenali dan mencintai budaya daerah NTT pada momentum pesta perak sekolah yang jatuh pada tanggal 17 Juni 2023.

Even pentas seni budaya tersebut menampilkan aneka tarian etnis NTT, lagu-lagu daerah khas NTT, fashion show motif NTT dan fashion show busana moderen, tarian dan lagu daerah NTT dalam kolaborasi dengan seni bela diri, juga berbagai acara lainnya.

"Anak-anak kita memang luar biasa. Paling penting dari kegiatan ini adalah melatih mental dan keberanian anak-anak untuk tampil didepan publik dan syukur mereka bisa lakukan itu dengan sangat baik," puji Kepala SDK Sta. Familia Kupang, Sr. Maria Sylvia, PRR, S.Pd.

Ia menilai, penampilan anak didiknya sangat luar biasa, berani, penuh kreasi dan sangat menghibur.

Sr. Maria Sylvia mengatakan, selain untuk melatih mental anak-anak, tujuan kegiatan Pensi Budaya Daerah tersebut juga ingin mengajarkan kepada anak-anak untuk mengenal dan mencintai potensi seni budaya daerah NTT yang diwariskan nenek moyang.

Mereka juga diajak untuk terbiasa dengan kerjasama dan kolaborasi dalam setiap mata acara yang tampil dan bentuk tim sehingga bisa menghasilkan sebuah gerak tari dan panggung yang apik, rapih dan menghibur.

Untuk sesi pameran kata Suster Sylvia, menampikan aneka karya kreatif anak-anak untuk menjadikan produk sampah plastik menjadi sebuah karya yang bernilai lebih, juga beberapa karya kreatif lainnya yang indah dan bernilai ekonomi.

Dalam kaitan dengan pameran ini, pihak sekolah ingin mengedukasi anak-anak untuk melatif kreatifitas mereka dalam melihat sebuah masalah katakana “sampah plastik” yang kini menjadi momok dan terus diperangi bersama.

Sementara Ketua Panitia Pelaksana Pesta Perak SDK Sta. Familia, Paulus Pare, S.Pd mengatakan, perayaan puncak HUT Perak Sekolah akan digelar pada hari Sabtu, 17 Juni 2023 di halaman sekolah.

Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan Misa Syukur bersama dan Seremonial Perayaan Pesta Perak yang akan dihadiri oleh sejumlah pejabat dari pemerintah Provinsi NTT, Penjabat Walikota Kupang George Hadjoh, Anggota DPRD NTT dan Anggota DPRD Kota Kupang, Pimpinan Yayasan dan Pimpinan Kongregasi Susteran PRR dan para suster, perwakilan dari keluarga besar TK, SMP dan SMA Santa Familia juga seluruh siswa dan orangtua murid.

Agnes salah satu orangtua siswa yang menyaksikan penampilan anaknya saat itu mengaku sangat terharu dan bangga dengan anak-anak yang memang menyuguhkan karya-karya seni yang indah,lucu dan sangat menghibur.

"Kita berterima kasih kepada para bapak ibu guru yang bisa melatih dan mengajarkan anak-anak kita tampil sangat bagus, berani dan lucu tapi menghibur," katanya.

Hadir langsung menyaksikan acara akbar itu Ketua Yayasna Gabriel Manek Sr. Yustisia,PRR, Kepala SDK Sta.Familia Sr.Maria Sylvia,PRR,SPd, para suster, para guru, serta ratusan orangtua dan siswa sekolah tersebut.

Pantauan Timor Express, anak-anak mulai dari kelas I hingga kelas VI tampil memukau dengan dengan aneka pilihan acara. Mereka tampil cantik dengan aneka busana tenun daerah NTT dan juga kostum fashion lain yang sangat menghibur ratusan audiens yang memenuhi halaman sekolah itu. (r3)

  • Bagikan