Relawan KaRiki Buka Tempat Pendaftaran Online PPDB, Banyak Siswa Terbantu

  • Bagikan
Hendrik W. W. Francis foto bersama para calon siswa yang berhasil terdaftar sebagai peserta didik baru melalui proses pendaftaran PPDB online melalui posko yang ia bangun. (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Relawan KaRiki yang dikoordinir Hendrik W. W. Francis, calon anggota DPRD Kota Kupang dengan menyiapkan tempat pendaftaran online Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mendapat sambutan positif warga.

Maklum, proses PPDB yang menerapkan sistem online merupakan hal yang tidak boleh dianggap sepele. Harus dipersiapkan secara baik, meliputi penyiapan berkas pendaftaran, alat bantu laptop, jaringan internet, dan juga harus berpacu dengan waktu.

Melalui tempat pendaftaran PPDB yang difasilitasi politikus Partai Nasdem ini, para peserta didik baru yang mendaftar masuk ke jenjang SMP, SMA, dan SMK bisa sedikit terbantu.

"Kami menyadari bahwa masyarakat kita perlu dibantu dalam Proses PPDB ini, oleh karena belum semua orang tua memahami proses pendaftaran ini dan juga ketersediaan alat bantu berupa laptop maupun jaringan internet," kata Hendrik.

Hendrik mengaku, tempat pendaftaran ini dibuat kedua kalinya berturut-turut setelah tahun lalu, ketika ia masih menjabat sebagai Ketua LPM Kelurahan Oetete. Lewat tempat ini, para calon siswa baru dibantu penyiapan berkas, mulai dari proses pemindaian/scan berkas sampai dengan proses pendaftaran.

"Semua dilakukan tim relawan yang ada dan kami tidak memungut biaya alias gratis. Semua yang kami lakukan merupakan bentuk komitmen kami melayani kebutuhan warga masyarakat," ujar Hendrik.

Sebagaimana terpantau pada lokasi pendaftaran yang berlokasi di belakang RS Bayangkara Kupang, tim relawan KaRiki berhasil mendaftarkan sebanyak 45 anak masuk ke jenjang SMP, dan 26 anak masuk ke jenjang SMA. Sedangkan 27 anak berhasil didaftarkan masuk ke beberapa SMK yang ada di Kota Kupang.

"Kami sangat berterima kasih kepada bapak Hendrik W. W. Francis dan Tim Relawan KaRiki yang bekerja keras membantu mendaftarkan anak-anak kami lewat posko pendaftaran online ini. Kami sangat terbatas dalam segala hal, tetapi dengan adanya posko pendaftaran ini sangat membantu, sehingga anak-anak kami dapat didaftarkan pada jenjang SMA," ujar seorang ibu yang bersyukur anaknya didaftarkan masuk SMAN 1 Kupang.

Hal senada disampaikan Andre Sinah, yang mengaku terbantu dengan adanya posko ini sehingga dia bisa didaftarkan masuk SMAN 1 Kupang. "Posko ini menjawab keraguan orang tua untuk mendaftarkan anaknya. Kami berterima kasih kepada bapak Hendrik W. W. Francis, ST dan tim yang telah bekerja keras untuk proses ini sehingga anak kami dapat didaftarkan di SMK Negeri 1 Kupang. Harapan kami posko seperti ini harus terus ada disaat penerimaan PPDB setiap tahun," harap Daniel Mohede, salah seorang warga Kelurahan Oetete yang merssa bersyukur cucunya dibantu dalam proses pendaftaran online ini. (*/aln)

  • Bagikan