Ini Jenjang Pendidikan dan Karier Bisnis Stevano Adranacus

  • Bagikan
Stevano Risky Adranacus. (FOTO: Yoppy Lati/TIMEX)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Sejumlah politikus muda bakal meramaikan perhelatan Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 nanti. Salah satunya adalah Stevano Rizky Adranacus yang diusung PDI Perjuangan untuk bertarung merebut kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) NTT 2 meliputi Timor, Rote Ndao, Sabu Raijua, dan Sumba.

Meski tercatat sebagai politikus muda, namun Stevano punya segudang pengalaman yang patut diperhitungkan. Putra dari Herman Herry, politikus kawakan PDI Perjuangan yang sudah empat periode duduk di Senayan ini disiapkan untuk meneruskan tongkat estafet sang ayah.

Herman Herry sendiri memilih untuk tidak maju lagi guna memberikan kesempatan kepada kader muda partai banteng untuk menggantikan posisinya.

"Saya ini sudah 61 tahun, sudah tua. Sudah empat periode jadi anggota DPR RI di Senayan. Saya putuskan untuk tidak maju lagi anggota DPR RI di periode berikut. Sudah saatnya memberi kesempatan kepada kader muda untuk meneruskan," kata Herman Herry dalam sambutannya saat penyerahan dua mobil ambulance dan 10 unit sepeda motor untuk DPC PDI Perjuangan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Kamis (13/7).

Herman Herry telah mempercayakan Stevano Rizky Adranacus untuk meneruskan karir politiknya sebagai legislator di Senayan. Dan Stevano sendiri telah mendapat restu Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri untuk ikut dalam perhelatan politik Pemilu 2024 nanti.

Stevano sendiri bukanlah orang baru di PDI Perjuangan. Saat ini ia menjabat sebagai Wakil Bendahara Benteng Muda Indonesia (BMI), sebuah organisasi sayap PDI Perjuangan.

Pada Kamis (13/7) dan Jumat (14/7), dalam kapasitasnya sebagai Wakil Bendahara DPP BMI, Stevano menghadiri acara pelantikan DPC BMI se-daratan Timor dan DPC BMI se-daratan Sumba.

Selain itu, ia juga menyerahkan dua unit Ambulance dan 10 unit sepeda motor bagi DPC PDI Perjuangan TTS. Di Sumba Timur, Stevano membantu satu unit Ambulance dan tiga unit sepeda motor bagi DPC PDI Perjuangan Sumba Timur.

Stevano memutuskan mengikuti jejak sang ayah di pentas politik dengan modal pendidikan selama delapan tahun di Amerika Serikat, dan pengalamannya mengurus bisnis.

Sebagaimana diketahui, pada 2011 – 2013, Stevano menempuh pendidikan di Associate of Arts Pasadena City Collage, Pasadena, CA, USA. Selanjutnya pada 2013 – 2015, Stevano sukses menuntaskan pendidikannya dan meraih gelar Bachelor of Science in Business Administration Pepperdine University, Malibu, CA, USA.

Kemudian pada 2015 – 2017, Stevano meraih Master of Business Administration with Concentration in Finance Pepperdine University Graziadio School of Business Management, Malibu, CA, USA.

Setelah menyelesaikan pendidikannya di negeri Paman Sam, Stevano kembali ke Indonesia dan mengelola bisnis keluarga sambil membangun bisnis baru.

Pengalaman mengelola bisnis dimulai Stevano sejak 2019. Stevano memulai karir bisnisnya setelah mendapat kepercayaan menjadi Director di PT Sotis Hotel Manajemen. Perusahaan ini bergerak di bidang manajemen perhotelan dan konsultasi pariwisata. Dimulai dari Sotis Hotel pertama di kawasan Blok M Jakarta, perusahan tersebut terus berkembang dan kini memiliki lima Sotis Hotel dengan total 400 kamar, baik di Jakarta, Bali, dan Kupang.

Tak cuma itu, pada 2019 hingga saat ini, Stevano masih memegang jabatan sebagai Director PT Dwimukti Graha Elektrindo. Perusahaan ini bergerak dibidang perdagangan dan distribusi pangan, kesehatan, dan elektronik.

Selain itu, sejak tahun 2019 – hingga kini, Stevano juga menjabat sebagai President Director PT Satria Mega Kencana Tbk, yakni perusahaan yang bergerak di bidang Property/Real Estate & Kawasan Pariwisata yang memiliki asset unit hotel yang terletak di Jakarta, Bali, dan NTT.

Selanjutnya, sejak 2020 – sampai sekarang, Stevano juga dipercaya sebagai President Director at PT Sungai Mas Propertindo, yakni perusahaan yang bergerak di bidang perhotelan sebagai pemilik asset Hotel Sotis Kemang (75 kamar). Perusahan ini bekerja sama dengan pengelola Sotis Hotel untuk mengoperasikan dan melakukan manajemen hotel tersebut.

Pada tahun 2020, Stevano ditunjuk menjadi Director PT Sungai Mas Minerals. Perusahaan ini bergerak di sektor pertambangan dan aktivitas perusahaan holding. Perusahaan ini melakukan bisnis pertambangan jenis komoditas Bijih Nikel melalui entitas anak usaha, yaitu PT Adhi Kartiko Pratama.

Lalu pada 2021 – hingga sekarang, Stevano dipil menjadi Commissioner PT Lumbung Makmur Abadi, yakni Perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan batu bara yang memiliki lokasi tambang di Barito Utara, Provinnsi Kalimantan Tengah.

Pada Tahun 2021 – hingga saat ini ia menjabat sebagai President Commissioner at PT Adhi Kartiko Pratama, yakni perusahaan yang berkedudukan di Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara, dan bergerak di bidang pertambangan jenis komoditas bijih nikel. Investasi ini berada di kawasan Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.

Selanjutnya, sejak 2021 – hingga saat ini, menjabat sebagai Director PT Griya Ananta Propertindo. Perusahaan ini bergerak di bidang property/real estate bekerjasama dengan BUMN, yaitu Propernas untuk membangun kawasan perumahan di Kupang, NTT.

Sebelumnya, ketika masih di Amerika Serikat, tepatnya tahun 2017 – 2018, Stevano menjabat sebagai Manager of Operations United Security Investors (USI), Beverly Hills, CA USI.

Merupakan perusahaan finansial yang bergerak dibidang asset-based lending. USI menyediakan jasa peminjaman modal yang dijaminkan dengan asset jenis real estate yang bekualitas tinggi. Melalui jasa peminjaman modal ini, USI juga memberikan kesempatan kepada para investor untuk berpartisipasi dalam menyediakan modal tersebut. (*/opi)

  • Bagikan