Jalinan Kerja Sama dan Sinergitas, Konsul Timor Leste Kunjungi Imigrasi Kupang 

  • Bagikan
BERSAMA. Tampak Pelaksana Tugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, Dody Cindur Mato, pose bersama Mr. Joaquim Jacob da Silva Fernandes, Konsul Timor Leste di Kupang bersama rombongan di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, pada Rabu (9/8). (FOTO: ISTIMEWA).

KUPANG,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Joaquim Jacob da Silva Fernandes, Konsul Timor Leste di Kupang melakukan kunjungan dan silaturahmi ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, pada Rabu (9/8).

Kunjungan perdana sekaligus memperkenalkan diri sebagai pejabat baru itu dilakukan bersama rombongan.

Kedatangan Joaquim diterima langsung oleh Pelaksana Tugas Kantor Imigrasi Kelas I TPI Kupang, Dody Cindur Mato, didampingi beberapa pejabat dalam lingkup Kantor Imigrasi Kupang.

"Ini kunjungan sebagai upaya silaturahmi untuk mempererat kerja sama dan meningkatkan sinergitas yang sudah berjalan selama ini," ujar Mr. Joaquim ketika menyampaikan maksud kedatangannya. 

"Selain itu, saya juga ingin memperkenalkan diri sebagai Konsul yang baru menggantikan pejabat Konsul yang lama sejak 4 bulan yang lalu," tambahnya.

Seperti diketahui bahwa selama ini Imigrasi Kupang yang bernaung di bawah Kantor Wilayah Kemenkumham NTT yang dipimpin oleh Marciana D. Jone, merupakan unit pelaksana tugas dan fungsi teknis keimigrasian dalam wilayah kerjanya, telah menjalin kerja sama yang baik dengan Konsulat Timor Leste di Kupang. 

Dikatakan banyaknya warga negara Timor Leste yang berada di Kupang baik untuk tujuan pendidikan maupun kunjungan serta penyatuan keluarga. 

"Tercatat kurang lebih 70-an permohonan perpanjangan izin tinggal warga negara Timor Leste yang diterima Imigrasi Kupang dalam kurun waktu Januari hingga Agustus 2023," pintanya.

Lebih lanjut dalam kunjungan tersebut juga dilakukan pertukaran informasi terkait tugas dan fungsi masing-masing unit kerja. Diantaranya terkait Paspor Timor Leste yang masih belum dapat dilakukan penggantian paspor dengan blangko yang baru, terkait pendeportasian WN Timor Leste yang dikenai tindakan administratif keimigrasian dan juga terkait penyebaran informasi keimigrasian yang selama ini sudah dilakukan bersama-sama. 

Kunjungan tersebut berjalan dengan lancar dan diakhiri dengan pemberian plakat dan foto bersama. (r1)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan