Digagas Wakajagung, Ini Sejarah dan Prestasi Dojang Adhyaksa Taekwondo Club

  • Bagikan
KENAKAN SABUK. Wakejagung RI Dr. Sunarta, SH.,MH mengenakan sabuk kepada atlet yang naik tingkat di halaman Kantor Kejati NTT. (FOTO: INTHO HERISON TIHU).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Dojang Adhyaksa Taekwondo Club merupakan tempat latihan bagi para atlet Taekwondo di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Dojang ini pertama kali digagas pada bulan Juli tahun 2017 pada masa kepemimpinan Kajati NTT, Dr. Sunarta, SH.,MH (Wakejagung.red). Lalu dibentuk kepengurusannya pada masa kepemimpinan Dr. Febrie Adriansyah, SH, MH.

Taekwondo Club dibentuk kepengurusannya dan dikukuhkan oleh Kajati selanjutnya, yakni Pathor Rahman, SH.,MH

Sejak terbentuk hingga saat ini, Dojang Adhyaksa Taekwondo Club telah memiliki 200 orang anggota, di bawah asuhan tim pelatih, yaitu Agus Petrusz, Dudy Baranuri, Ermi Ropabale,Salmiah Ina Boleng, Fadiun Mahmud, Petrus Potimau, Adi Rhomadan dan Melani Angsar yang juga merupakan istri dari Asisten Pidana Khusus Kejati NTT.

Sanda Dojang Adhyaksa Taekwondo Club sejak awal terbentuk hingga sekarang diketuai oleh Shirley Manutede, SH. MH., serta Ridwan Sujana Angsar, SH.,MH sebagai Penanggung Jawab.

POSE BERSAMA. Wakajagung RI Dr. Sunarta, SH.,MH dan Ketua Taekwondo NTT, Fransisco Bernando Bessi usai kenakan sabuk kepada atlet yang naik tingkat di halaman Kantor Kejati NTT. (FOTO: INTHO HERISON TIHU).

Sampai saat ini, Dojang Adhyaksa Taekwondo Club telah mengikuti beberapa event kejuaraan di dalam NTT maupun di luar NTT, dengan beberapa prestasi yang membanggakan, antara lain:

  1. Kejuaraan Border Open Taekwondo Open Championship 1 yang berlangsung pada tanggal 18-20 Desember 2017, dengan perolehan medali, 5 emas, 6 perak dan 7 perunggu.
  2. Kejuaraan Taekwondo Pengcab Taekwondo Indonesia- Kota Kupang, pada tanggal 27-29 Desember 2018, dengan perolehan 3 medali emas, 5 perak dan 5 perunggu.
  3. Kejuaraan Border Open Taekwondo Open Championship 2 pada tanggal 18-20 Desember 2019, dengan jumlah medali 5 emas, 6 petak dan 7 perunggu.
  4. Jakarta Taekwondo Chalenge pada tanggal 1-4 Jull 2022 dengan jumlah medali, 2 emas dan 2 perunggu.
  5. Lourdez Cup NTT pada tanggal 29-30 Juli 2022 dengan jumlah medali. 7 emas. 6 perak, dan 10 perunggu.
  6. SMKN 1 Open pada tanggal 4-5 Oktober 2022 dengan jumlah medali, 8 emas, 8 perak dan 15 perunggu.
  7. Dojang Naikoten Cup pada tanggal 28- 30 April 2023 dengan jumlah medali, 9 emas, 9 perak dan 15 perunggu, sekaligus Juara Umum II, serta 1 Atlet Terbaik Pra Cadet Putra.

Pada masa kepemimpinan Kajati NTT Hutama Wisnu, SH.,MH, Dojang Adhyaksa Taekwondo Club pada tanggal 8-11 Desember 2022, juga telah menyelenggarakan suatu event bergengsi di NTT yaitu: "Kejati Ntt Taekwondo Open Tournament" yang melibatkan 950 peserta, termasuk 100 atlet dari negara Timor Leste.

Selain sukses menyelenggarakan turnamen ini, para atlet Dojang Adhyaksa Taekwondo Club juga mengukir prestasi membanggakan, dengan berhasil meraih 15 medali emas, 10 perak dan 15 perunggu, sekaligus menjadi Juara Umum 11, serta Tim Terbaik dan Atlet Terbaik Putra.

Untuk diketahui, para atlet sabuk hitam saat ini merupakan anggota pertama saat Dojang Adhyaksa Taekwondo Club resmi terbentuk di masa kepemimpinan Dr Sunarta, SH.,MH sebagai Kalat NTT.

Ketua Taekwondo Indonesia NTT, Fransisco Bernando Bessi juga memberikan apresiasi dojang tersebut karena banyak sekali anak muda yang terlibat untuk dilatih sebagai atlet profesional.

Selain itu, keseriusan dalam berlatih, dojang tersebut memberikan prestasi bagi NTT baik tingkat daerah maupun nasional. "Kita terus mendorong agar cabor taekwondo NTT menjadi cabor berprestasi," katanya. (r3)

  • Bagikan