Havertz Jadi Mantan Terjahat

  • Bagikan
Kai Havertz

LONDON, TIMEX.FAJAR.CO.ID – Chelsea tidak menuliskan nama Kai Havertz dalam akun X resminya ketika false nine timnas Jerman itu mencetak gol ketiga lalu gol keempat Arsenal kemarin (24/4). Sebenci itu The Blues –julukan Chelsea– kepada Havertz yang mereka buang pada musim panas lalu.

Buktinya, Chelsea mau menuliskan nama dua pencetak gol Arsenal lainnya ke gawang kiper Djordje Petrovic. Masing-masing winger Leandro Trossard pada menit keempat dan bek kanan Ben White (52 dan 70). Namun, untuk gol Havertz pada menit ke-57 dan 65 di Stadion Emirates tersebut, Chelsea menggantinya dengan gol Arsenal dan gol The Gunners –sebutan Arsenal.

Bisa jadi, seperti dilansir SPORTbible, Havertz merupakan mantan terjahat dalam sejarah Chelsea. Sebab, pemain 24 tahun itu memang tercatat sebagai eks penggawa Chelsea pertama yang pernah membobol gawang klub asal London Barat tersebut.

White yang sama-sama mencetak brace ke gawang Chelsea pun lebih memuji Havertz. ”Dia (Havertz) layak mendapatkannya,” ucapnya dilansir dari laman resmi klub.

Sebagai perbandingan, ketika menghadapi Chelsea dalam pertemuan di Stamford Bridge pada 21 Oktober tahun lalu, Havertz jadi bahan boo fans The Blues. Kala itu Havertz hanya bermain sebagai pengganti pada 12 menit terakhir. ”Hanya tinggal menunggu waktu dia akan meledak (bersama Arsenal, Red),” sambung White.

Musim ini Havertz sudah mengoleksi 12 gol dan 5 umpan gol dalam 47 penampilan di berbagai ajang. Dengan jumlah laga yang sama pada musim lalu ketika masih berkostum Chelsea, Havertz hanya membukukan 9 gol dan sebiji umpan gol.

Masih beradaptasi dengan sepak bola Inggris dengan usia masih 21 tahun ketika didatangkan dari Bayer Leverkusen pada musim panas 2020 lalu dianggap sebagai alasan Havertz sulit berkembang selama tiga musim di Chelsea. Apalagi, nilai transfernya sangat mahal, yakni GBP 62 juta (Rp 1,24 triliun).

Meski Arsenal menebusnya lebih mahal musim panas lalu, GBP 65 juta (Rp 1,3 triliun), ekspektasi di pundak Havertz tidak sebesar ketika di Chelsea. Ditambah tactician The Gunners Mikel Arteta sangat sabar menanti ledakan Havertz. Alhasil, Havertz tetap berkontribusi ketika bermain sebagai false nine (6 gol dan 5 umpan gol) maupun di posisi gelandang serang (6 gol).

”Aku harus jujur mengatakan bahwa kontribusi Kai Havertz di semua aspek (saat melawan Chelsea kemarin, Red) sangat menakjubkan,” puji Arteta seperti dikutip BBC. ”Bukan sekadar dua gol yang dicetaknya, melainkan juga caranya membangun kerja sama dengan rekan setim,” imbuhnya.

Mister, sapaan akrab Arteta di ruang ganti Arsenal, turut memuji konsistensi Havertz yang selalu menunjukkan performa terbaik dalam laga-laga besar. Yakni, menghadapi big six di Premier League. (ren/c19/dns/jpg/rum)

  • Bagikan