Kapolri Tinjau Kesiapan AMMTC di Labuan Bajo

  • Bagikan
TINJAU KESIAPAN. Kapolri Listyo Sigit Prabowo saat meninjau kesiapan pelaksanaan AMMTC ke-17 di Labuan Bajo, Mabar, Jumat (18/8). (FOTO: ISTIMEWA)

LAABUAN BAJO, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo melakukan peninjauan lokasi yang akan digunakan untuk ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) ke-17 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kapolri dan rombongan tiba di Bandara Komodo, Labuan Bajo, pada Jumat (18/8) siang. Setelah itu, Jenderal Sigit menuju Waterfront Marina Meruorah untuk meninjau gladi resik kegiatan Welcome Cocktail and Toast AMMTC.

Begitu tiba di Marina Meruorah, Kadiv Hubinter Irjen. Pol. Khrisna Murti langsung menjelaskan kesiapan acara kepada Kapolri. Sebab, Kapolri merupakan Ketua AMMTC 2023 akan memimpin acara tersebut.

Sebagai informasi AMMTC ke-17 akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo dan dipimpin langsung Kapolri Jenderal Sigit selaku Ketua AMMTC 2023. Kegiatan ini digelar pada 20-23 Agustus 2023.

Sebanyak 10 menteri dari negara sahabat di kawasan ASEAN akan mengikuti kegiatan AMMTC. Pada saat kedatangan, akan dilakukan Welcome Cocktail and Toast AMMTC di atas kapal Phinisi Lako Sae.

Karo Ops Polda NTT, Kombes Pol Deonijiu De Fatima, sebelumnya menjelaskan kesiapan Polda NTT kalau diperoleh informasi ada 15 negara hadir dalam kegiatan AMMTC ini. Dan persiapan pengamanan baik personil maupun sarana taktis telah matang. "Teknis pengamanan sejak pesawat mendarat jemput hantar sampai hotel, lalu di venue Meruorah dan Ayana ini kita juga amankan," katanya.

Dikatakan untuk pengamanan sementara hanya oleh Kepolisian sendiri tetapi manakala ada eskalasi yang membutuhkan keterlibatan TNI akan segera dikonrdinasikan dan polisi pasti membutuhkan bantuan dalam situasi bilamana dianggap perlu penanganan oleh TNI.

Jumlah personil yang teelibat sebanyak 619 personil ditambah BKO dari sejumlah kabupaten. Ditambahkan dirinya juga mengharapkan tidak adanya unjukrasa selama kegiatan ini. "Kita harap masyarakat kalau aksi unjuk rasa setelag kegiatan. Kita sama-sama menjaga daerah ini aman," ujarnya. (Kr2)

  • Bagikan