Undana Terima 5. 866 Mahasiswa Baru

  • Bagikan
KONPRSS. Rektor Undana, Prof. Maxs U. E Sanam ketika menyampaikan keterangan pers di Gedung Rektorat Undana, Senin (21/8). (FOTO: RESTI SELI/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Hasil seleksi masuk perguruan tinggi Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, tahun ajaran 2023/2024 resemi berakhir. Tercatat sebanyak 5.866 mahasiswa baru di terima melalui tiga jalur seleksi.

Rektor Undana, Prof. Maxs U. E. Sanam mengatakan, mahasiswa baru tersebut diterima melalui tiga jalur, yaitu SNBP dengan minimal 20 persen, SNBT minimal 40 persen dan Seleksi Mandiri maksimal 30 persen.

Data final mahasiswa yang telah melakukan registrasi, yaitu mahasiswa transfer sebanyak 20 orang. Ada pula mahasiswa asing dari Timor Leste 35 orang, namun yang baru melakukan registrasi sebanyak 6 orang, sisanya masih mengurus visa sehingga, diberikan kesempatan registrasi sampai 26 Agustus 2023 mendatang. Dan terdapat 149 orang tercatat sebagai mahasiswa baru pada Program Pascasarjana.

Prof. Maxs menyebut, untuk tahun ini terdapat perubahan pada skema UKT Undana, yaitu penambahan level dari 1-7 menjadi 1-10. "Level 8-10 itu dasarnya pada usulan Undana, kemudian diverifikasi dan ditetapkan melalu peraturan menteri," ungkap Prof Maxs, Senin (21/8).

Dijelaskan bahwa, sistem UKT yang diterapkan adalah subsidi silang, dimana, level 1-7 dengan setiap rank Rp 250-500 ribu. Sehingga, level 8-10 memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang mampu untuk menolong atau mensubsidi mahasiswa yang terbatas secara finansial.

Untuk mahasiswa yang mendapatkan UKT mahal dan tidak sesuai dengan latar belakang finansialnya, Prof. Maxs menyebut, hal itu akibat penginputan data yang tidak lengkap atau tidak masuk akal.

"Kita kan pakai sistem aplikasi jadi kalau begitu, langsung tempatkan ke UKT tertinggi. Kalau tidak mengisi berarti setuju untuk tempatkan di UKT level tertinggi. Mungkin juga ditemukan ketidakcocokan," jelasnya.

Ia melanjutkan, untuk UKT Undana sendiri masih terbilang lebih rendah jika dibandingkan dengan universitas lain. Padahal, mutu dan kualitas Undana juga tidak kalah saing. "Memang kondisi rill masyarakat harus kita pertimbangkan juga," ujarnya.

Sementara untuk mahasiswa yang lulus KIP Kuliah ada 2.158 mahasiswa. Sayangnya, pusat memotong kuota penerima, sehingga hanya 800 mahasiswa yang menerima KIP, dibagi untuk tiga jalur penerimaan tersebut. Hal itu pun menjadi tantangan tersendiri bagi Undana.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Annytha Detha mengatakan, ada kebijakan cicilan uang pangkal untuk memudahkan mahasiswa.

"Sebelumnya uang pangkal tidak ada kebijakan untuk dicicil, tahun ini dicicil. Jadi silahkan cicil dua kali, cukup bayar 30 persen pertama setelah itu 70 persen sampai akhir tahun ini. UKT mereka bayar full," katanya.

Untuk mahasiswa yang belum melakukan registrasi, sudah tidak bisa lagi. Hal itu karena registrasi sudah ditutup. Terkecuali, untuk 29 mahasiswa Timor Leste yang masih mengurus visa.

Sementara itu, Prof. Annytha juga menyampaikan bahwa Undana akan melaksanakan wisuda pada 2 September 2023 nanti.  "Wisuda kali ini bersamaan dengan perayaan dies natalis Undana, berbarengan dengan itu, maka ada banyak mitra yang kita undang. Ada kegiatan juga termasuk pengumuman mahasiswa berprestasi, dosen berprestasi dan prestasi prodi," ujarnya. (cr1)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan