Ade Manafe Jabat Plh Sekda

  • Bagikan
Kepala BKPPD Kota Kupang, Ade Manafe ketika dikonfirmasi TIMEX di ruang kerjanya, Kamis (22/12) (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

Pemkot Ajukan Satu Nama Pj Sekda ke Gubernur NTT

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Jabatan Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Plh Sekda) Kota Kupang kini diemban oleh Ade Manafe yang juga Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Kupang. Jabatan Plh Sekda Kota Kupang dari Franki Amalo sudah diserahkan ke Ade Manafe karena jabatan Plh Sekda Kota Kupang hannya berlaku lima hari saja.

Asisten III Setda Kota Kupang, Yanuar Dally, saat diwawancarai di Balai Kota Kupang, Selasa (29/8) usai rapat bersama dengan Plh Sekda yang baru, Ade Manafe mengakui hal tersebut. Yanuar Dally mengaku, Plh Sekda Kota Kupang sebelumnya oleh Franki Amalo, kini sudah tidak lagi menjabat sebagai Plh Sekda Kota Kupang dan digantikan oleh Ade Manafe sejak Senin (28/8). Hak ini karena masa jabatan Plh hanya berlaku selama lima hari sehingga harus diganti oleh pejabat lain.

"Pak Ade sementara proses untuk mengusulkan nama Penjabat Sekda Kota Kupang. Saya belum tahu karena belum sampai di saya untuk diparaf. Pasti masih berproses. Kan harus dari Penjabat Wali Kota Kupang," ujarnya.

Terkait dengan nama-nama yang diusulkan untuk menjadi Pj Sekda Kota Kupang, Yanuar mengaku, jika draf nama-nama calon Pj Sekda Kota Kupang sampai saat ini dia belum diketahuinya.

"Saya belum tahu apakah nanti ada tiga nama, atau dua nama bahkan satu nama saja karena itu kewenangan Penjabat Wali Kota Kupang," jelasnya.

Terkait dirinya jika diusulkan menjadi Pj Sekda Kota Kupang, Yanuar Dally mengaku selalu siap untuk melaksanakan tugas yang dipercayakan. "Tetapi memang semua kewenangan Penjabat," jelasnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Kupang, Fahrensi Funay mengatakan, untuk nama Pj Sekda Kota Kupang akan segera diusulkan ke Gubernur NTT sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah.

"Dipastikan hanya usul satu nama saja. Terkait siapa yang diusulkan tentu itu menjadi kewenangan Penjabat Wali Kota Kupang," jelasnya.

Jika namanya diusulkan, Ade mengaku, sebagai ASN maka tentu dirinya selalu siap untuk menjalankan tugas dan amanah dari pimpinan.

"Jabatan itu anugerah Tuhan, melalui kepercayaan pimpinan, tentu kalau diberikan pasti dilaksanakan dengan baik," ungkapnya.

Dia menambahkan, rencananya usulan Penjabat Sekda akan segera diusulkan, dan dipastikan bisa segera disampaikan ke Gubernur NTT dalam minggu ini. (r2/gat)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan