Kesampingkan Usulan DPRD, Odhi Kalake Ditunjuk jadi Pj Gubernur NTT

  • Bagikan
Ayodhia G.L Kalake (FOTO: ISTIMEWA).

JAKARTA , TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Menteri  Dalam Negeri (Mendagri) menunjuk Ayodhia G.L Kalake yang juga Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Dan Investasi (Sesmenko Marves) untuk melanjutkan tugas Gubernur NTT.

Odhi, sapaannya, akan menggantikan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef Nae Soi yang mengakhiri masa jabatan pada 5 September mendatang. Odi akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi Pj Gubernur NTT.

Keputusan penunjukan putra Adonara yang sejak 2022 lalu menjadi pendamping Luhut Binsar Pandjaitan (LBP) sejak Kamis (31/8) ini mengabaikan rekomendasi nama-nama penjabat DPRD, Kamis (3/8) lalu.

DPRD NTT telah mengusulkan tiga nama Pj Gubernur NTT kepada Kemendagri, masing-masing Deputi Bidang Koordinasi Keamanan di Kemenkopolhukam Irjen Rudolf Albert Rodja, Kepala Badan Keahlian Setjen DPR RI Inocensius Samsul, dan Deputi Pengendalian Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Thomas Umbu Paty. 

"Tiga nama penjabat itu diusulkan dari berbagai fraksi dan sudah diserahkan ke Kemendagri. Sebelumnya ada enam nama penjabat yang terjaring dan semuanya pada posisi eselon 1A dan 1B. Tetapi tiga nama saja yang diusulkan oleh DPRD,” kata Ketua DPRD NTT Emilia Julia Nomleni belum lama ini.

Untuk diketahui, Odhi Kalake dilantik menjadi Sesmenko Marves oleh Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan pada 3 Januari 2022. 

Sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenkomarves dan Asisten Deputi Delimitasi dan Zona Maritim dan Kawasan Perbatasan Kemenkomarves.

Odhi meraih gelar sarjana dari Universitas Padjadjaran dan master (S2) dari Universidad Complutense de Madrid. Dia juga tercatat sebagai anggota Dewan Komisaris PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk. (r3)

  • Bagikan