Turis Tiongkok Hilang di Long Beach, Basarnas Terus Mencari

  • Bagikan
Upaya pencarian turis asal Tiongkok yang hilang di Long Beah, Mabar. Aparat intensifkan pencarian di darat dan laut. (FOTO: ISTIMEWA)

LABUAN BAJO, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Salah seorang wisatawan asal Tiongkok, Yi Liu, 27, dilaporkan hilang saat sedang menikmati keindahan alam kawasan Taman Nasional Komodo (TNK) di Long Beach, dekat Pulau Padar sejak pukul 10.00 Wita saat berwisata pada Selasa (3/10).

Berdasarkan informasi dari Tim Basarnas Labuan Bajo, korban sedang dalam pencarian. Merujuk keterangan kapten Kapal Wisata Qifadzah 03, bahwa sekitar pukul 08.30 Wita, Kapal Wisata Qifadzah 03 yang membawa korban dan rombongan tiba di mooring Long Beach, selanjutnya kapten kapal menyarankan agar seluruh penumpang turun di pesisir pantai panjang untuk menikmati keindahan alam TNK,” jelas Kepala Kantor Basarnas Maumere, Supriyantoi Ridwan.

Dia melanjutkan sekitar Pukul 10.00 Wita seluruh wisatawan Kapal Qifadzah diinstruksikan untuk kembali ke kapal. Namun saat pendataan manifest penumpang, korban tidak ada di tempat. Bahkan ditemukan hasil rekaman video bahwa Pukul 09.16 Korban terekam sedang berjalan di bibir pantai menggunaan pakaian snorkeling

Tim SAR gabungan setelah menerima informasi langsung menuju lokasi kejadian dengan mengerahkan Kapal RIB Pos SAR Manggarai Barat. Saat ini masih berlangsung pelaksanaan operasi SAR di Long Beach Labuan Bajo. "Hingga kini kita masih lakukan pencarian pukul 18.00 Wita masih nihil,” tambahnya.

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Mabar, AKBP Ari Satmoko menegaskan, tim SAR yang diterjunkan untuk pencaharian terdiri dari Basarnas, Polairud, KSOP, TNI AL dan masyarakat setempat. Upaya pencaharian dilakukan di laut dan darat.

"Tim yang turun juga ada penyelam. Kita akan terus melakulan pencaharian, sedangkan untuk penyelidikan dan keterangan para saksi ABK kapal dan guide, semuanya masih di lokasi sedang melakukan pencaharian bersama tim," tandasnya. (Kr2)

  • Bagikan