Kemendikbudristek Gelar Temu Seni Musik

  • Bagikan
SENI MUSIK. Acara Temu Seni Musik di Ambon dalam menyambut Festival Indonesia Bertutur 2024 (Kemendikbudristek)

Sambut Festival Indonesia Bertutur 2024

JAKARTA, TIMEX.FAJAR.CO.ID-- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media (Dit. PMM) menggelar agenda Temu Seni Musik yang berlangsung pada tanggal 2 hingga 8 November 2023 di Ambon, Maluku.

Acara Temu Seni Musik merupakan salah satu rangkaian untuk menyambut Festival Indonesia Bertutur 2024. Kegiatan ini melibatkan beberapa seniman muda dari berbagai kota di Indonesia yang beroperasi dalam bidang seni pertunjukan kontemporer seperti tari, teater monolog, fotografi, dan musik.

Rangkaian acara Temu Seni Musik ini mengundang para peserta dalam program laboratorium seni untuk melakukan pertukaran ide, diskusi, kunjungan budaya ke desa seni tahuri, kunjungan ke Benteng Amsterdam, hingga menyelenggarakan presentasi publik untuk warga Ambon.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, menjelaskan tujuan acara Temu Seni Musik diselenggarakan.

“Temu Seni Musik yang diadakan di Ambon ini bisa menjadi wadah para pelaku seni dalam berbagi pengetahuan antara satu dengan yang lain. Praktik baik seperti ini tentu akan menjadi modal yang bagus untuk memajukan kebudayaan, khususnya di tengah arus industri kreatif yang semakin maju,” ujarnya. Dikutip dari laman Kemendikbud, pada Jumat (3/11).

Adapun harapan yang dituturkan oleh Direktur Perfilman, Musik, dan Media Kemendikbudristek untuk acara ini.

“Saya berharap rangkaian Temu Seni Musik ini bisa menginspirasi banyak orang, tak cuma yang memiliki ketertarikan di bidang kebudayaan, namun juga masyarakat secara keseluruhan. Perhelatan yang digelar di Ambon juga sekaligus mempromosikan Kota Ambon sebagai kota musik yang sudah diakui oleh UNESCO,” ucap dia.

Peserta Temu Seni Musik meliputi musisi muda dari berbagai wilayah di Indonesia yang dipilih melalui kurasi dari Direktur Artistik dan fasilitator Nyak Ina Raseuki dan I Wayan Sudirana. Puncak kegiatan ini diisi dengan presentasi publik pada tanggal 7 November 2023 di Taman Budaya pukul 18.00 WIT.

Untuk memeriahkan acara, panitia Temu Seni Musik mengundang Molucca Bamboowind Orchestra yang merupakan sebuah komunitas musik tradisional Maluku, dibentuk oleh Rence Alfons dengan fokus pengembangan seni musik seruling bambu. (jpc/thi)

  • Bagikan