Empat Prodi FKIP Undana Menuju Akreditasi Internasional

  • Bagikan
Humas Undana. Peserta workshop finalisasi SER pose bersama, Selasa (7/11)

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM), Program Pascasarjana (PPs) dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Nusa Cendana (Undana) menggelar workshop finalisasi penyusunan Self Evaluation Report (SER), di Hotel Sotis, pada 6-7 November 2023.

Finalisasi SER tersebut untuk Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBA), guna mendapatkan akreditasi internasional.

Empat program studi (prodi) FKIP yang melakukan finalisasi dokumen SER, yakni Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pendidikan dan Kewarganegaraan dan Linguistik.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Annytha I. R. Detha, saat membuka kegiatan mengatakan pimpinan Undana sangat mendukung dan mengapresiasi terselenggaranya workshop tersebut. Apalagi, kegiatan dilaksanakan agar sejumlah prodi di Undana bisa mendapat akreditasi internasional.

"Saya mendorong agar pada bulan Desember ini, dokumen SER yang telah disusun oleh panitia bisa dikirim ke FIBAA, sehingga paling lambat Agustus 2024, hasil penilaian FIBAA dapat diperoleh Undana," ucapnya.

Ketua Tim Cluster FIBAA Undana, Marsi D. S. Bani di sela-sela kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan finalisasi dari penyusunan SER yang dilakukan oleh setiap Prodi beberapa waktu lalu.

Koordinator Prodi PPKN itu juga menambahkan, kegiatan itu telah diawali dengan kegiatan-kegiatan sebelumnya, yang didampingi oleh LPPPM, FKIP dan PPs.

“Tujuan hari ini dan besok adalah kita gabung semua SER yang dibuat menjadi satu dokumen yang akan dikirim. Target kita dokumen SER dapat diselesaikan beserta lampiran-lampirannya. Selanjutnya, kita selesaikan terjemahan bahasa inggris,” jelasnya.

Lebih lanjut, kata Marsi Bani, sekitar minggu ke tiga November, tim FIBAA UNS akan kembali melakukan penilaian, dan pada pertengahan Desember, dokumen akan dikirim ke pihak FIBAA.

“Paling cepat bulan Februari 2024, 4 Prodi tersebut sudah mendapat hasil penilaian dari FIBAA,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, ia juga menyampaikan terima kasih kepada pimpinan universitas, FKIP, PPs, LPPPM dan seluruh tim yang telah bekerja keras untuk mewujudkan akreditasi internasional pada empat prodi di Undana. (Cr1/thi)

  • Bagikan