Penantian Panjang Selama 31 Tahun, SMK Pelayaran Kupang Terakreditasi B

  • Bagikan
IST VISITASI. Tim Badan Akreditasi Nasional (BAN) didampingi Kepala SMK Pelayaran Kupang, Jesica Sodakain saat melakukan visitasi di sekolah tersebut.

KUPANG,TIMEX.FAJAR.CO.ID-- Penantian panjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pelayaran Kupang selama 31 tahun terakreditasi C, akhirnya Tahun 2023 ini sekolah ini mendapatkan akreditasi B, dari Badan Akreditasi Nasional (BAN).

Pengumuman akreditasi itu diterima pada Rabu (15/11). Untuk diketahui, saat ini jumlah peserta didik di SMK Pelayaran Kupang sebanyak 250 peserta didik, sekolah pun dilengkapi dengan asrama.

Kepala SMK Pelayaran Kupang, Jesica Sodakain mengatakan, semua jajaran sekolah sangat bersyukur karena akhirnya SMK Pelayaran Kupang berhasil mendapatkan akreditasi B.

"Prosesnya pertama kami mendaftar melalui online, kemudian memasukan berkas-berkas pendukung, kemudian barulah dilakukan visitasi selama dua hari oleh pihak BAN," ujarnya saat diwawancara Rabu (15/11).

Yang dinilai BAN, kata Jesica, adalah bagaimana proses kegiatan pembelajaran di sekolah, sarana prasarana pendukung dan lainnya, termasuk memastikan bahwa di lingkungan sekolah tidak boleh ada bully.

"Ke depannya SMK Pelayaran akan fokus untuk melengkapi sarana dan prasarana penunjang, apa pagi saat ini sudah ada simulator kapal di sekolah kami," ungkapnya.

Jesica mengatakan, pihak sekolah juga sangat terbuka dengan isu bully di lingkungan pendidikan. Menurutnya, kasus bully hampir terjadi di semua sekolah, namun dengan tingkatan yang berbeda-beda.

Karena itu, pihaknya terus berupaya memberikan edukasi kepada peserta didik, untuk tidak melakukan tindakan, perkataan dan lainnya yang termasuk dalam kategori bully.

"Selain itu kami di sekolah juga selalu melakukan ibadah bersama setiap minggu, bersama semua guru dan anak-anak peserta didik, tujuannya untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang persaudaraan dan kasih di lingkungan sekolah," imbuhnya. (thi)

  • Bagikan