Terus Semangat Bangun Bangsa Lewat Pendidikan

  • Bagikan
MERCY FOR TIMEX POSE BERSAMA. Bupati Kupang, Korinus Masneno pose bersama para guru pada puncak peringatan HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional, Senin (27/11).

Puncak Peringatan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional Tingkat Kabupaten Kupang

OELAMASI, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Bupati Kupang, Korinus Masneno menghadiri puncak peringatan HUT ke-78 PGRI dan Hari Guru Nasional tahun 2023 tingkat Kabupaten Kupang, bertempat di GOR Komitmen Oelnasi Kecamatan Kupang Tengah, Senin (27/11).

Korinus Masneno dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat Hari Guru dan selamat atas HUT ke-78 PGRI bagi semua guru yang ada di Kabupaten Kupang. Guru jelas Korinus, merupakan manusia yang sangat penting dalam keberlangsungan kehidupan bangsa. Guru mendidik anak-anak sejak kecil, menjadi teladan dan mengarahkan mereka menjadi pribadi-pribadi hebat dan berguna bagi nusa dan bangsa.

"Guru adalah pahlawan bangsa,” ungkapnya.

Kepada pengurus dan anggota PGRI, Korinus berpesan untuk terus bersemangat membangun bangsa lewat pendidikan, jaga diri agar terus menjadi teladan yang digugu dan ditiru anak-anak, jaga kewibawaan sebagai guru dan terus berjuang membangun generasi bangsa Indonesia yang hebat.

Sebagai anak seorang guru, Korinus tahu betul perjuangan seorang guru dalam mengabdi dan melayani masyarakat.

“Saat acara ini berlangsung saya masih mengikuti kegiatan Rapat Umum Pemegang Saham Bank NTT yang dipimpin pak Pj Gubernur dikantor gubernur dan dihadiri para kepala daerah se-NTT selaku pemengang saham, namun karena kecintaan saya kepada guru, saya tetap hadir disini dan bersama-sama dengan para guru memberikan motivasi dan menutup kegiatan ini," ujarnya.

Korinus mengaku, dirinya merupakan anak seorang guru, di mana ayahnya merupakan guru SD yang mengajar dibeberapa wilayah di Kabupaten Kupang seperti di Takari, Amabi Oefeto dan Amarasi.

"Dalam segala keterbatasan teruslah berjuang, tetap semangat memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” pesannya.

Dijelaskan, dirinya dibesarkan dalam dunia pendidikan, di mana dirinya menempuh pendidikan SPG hingga saat kuliah mengambil jurusan Guidance Counseling (Bimbingan Penyuluhan) dan terus melayani mulai dari ASN hingga menjadi kepala daerah saat ini.

“Guru di Kabupaten Kupang adalah orang yang luar biasa. sebagai pemerintah daerah saya salut dan memberikan penghargaan dan apresiasi yang tulus kepada semua guru baik tingkat SD hingga SMA. Mungkin ada yang masih honor, kontrak dan yang sudah PPPK dan PNS, saya sampaikan terima kasih atas pengabdian dan pelayanan kepada masyarakat secara baik,” katanya.

Terkait dengan kondisi pendidkan di Kabupaten Kupang, Korinus sampaikan tahun ini telah dibuka formasi PPPK untuk guru lebih kurang 800 formasi. Diharapkan akan memenuhi kebutuhan tenaga pendidik di Kabupaten Kupang yang jika ditotal formasi PPPK untuk tenaga guru, kesehatan dan teknis mencapai 1.500-an formasi.

"Kita berharap ke depan guru-guru di Kabupaten Kupang dapat terus terperhatikan dan tenaga yang belum masuk PPPK dapat diakomodir di tahun-tahun mendatang," harapnya.

Sementara, Ketua PGRI Kabupaten Kupang, Ribka R Kekado dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas perhatian yang tulus Bupati Kupang, Korinus Masneno terkhusus dalam mendukung dunia pendidikan di Kabupaten Kupang. Dirinya menjelaskan, rangkaian acara peringatan Hari Guru dan HUT PGRI dihadiri para guru se-Kabupaten Kupang dengan jumlah mencapai 1.800-an orang.

"Puncaknya pada hari ini dan ditutup resmi Bapak Bupati Kupang. Beragam kegiatan yang dilangsungkan diantaranya upacara peringatan Hari Guru, perlombaan memeriahkan HUT PGRI dan Hari guru diantaranya lomba fashion show, tari kreasi, gelar karya, penulisan dan lainnya," jelasnya.

Dirinya berharap lewat peringatan Hari Guru Nasional semakin memacu para guru untuk tetap setia dan memberikan pelayanan terbaik kepada anak didik di Kabupaten Kupang. Ia yakin dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Kupang segala keterbatasan yang dialami oleh para guru dapat terus diperhatikan dan menjadi lebih baik.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Asisten 3, Novita Foenay, Plt Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Marthen Rahakbauw, Kabag Otda, Elieser Teuf, Camat Kupang Tengah, Robby Meok, pengurus PGRI, para kepala sekolah dan guru anggota PGRI Kabupaten Kupang. (ays)

  • Bagikan