Kampanye Dialogis Lekat Dengan Ganjar

  • Bagikan
ALEX SEKO/TIMEX RAPAT PERSIAPAN. Pengurus DPC PDIP Kabupaten Ende, menggelar rapat persiapan kedatangan Ganjar yang dipimpin oleh Djafar Achmad, Kamis (30/11).

Hari Ini di Kupang, Sabtu di Ende

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Calon presiden (capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo dipastikan tiba di Kupang, hari ini, Jumat (1/12) sekira pukul 11.00.

Ketua Harian Tim Pemenangan Daerah (TPD) Ganjar-Mahfud Provinsi NTT, Emelia Nomleni kepada wartawan, Kamis (30/11) menyebutkan, agenda kedatangan Ganjar akan lebih bersifat dialogis dan tidak dalam nuansa kampanye. Karena itu, Ganjar pun diagendakan bertemu dengan orang muda untuk berdialog kebangsaan.

"Jadwalnya dialogis, nanti ketemu dengan beberapa orang muda dan tidak dalam kampanye, tetapi lebih kepada dialog kebangsaan," ucapnya.

Karena itu, kedatangan Ganjar tidak membawa atribut kampanye apapun. Melainkan, ia akan bertemu dengan para tokoh, misalnya akan bertandang ke Keuskupan, Sinode dan beberapa pertemuan lainnya. Kemudian, pada hari Sabtu, Ganjar akan mengikuti car free day (CFD) di jalan El Tari Kupang.

"Dari susunan acara ada ke Keuskupan, Sinode, lalu ada beberapa pertemuan, hari Sabtu ada di CFD," jelasnya.

Untuk surat tanda terima pemberitahuan (STTP) kegiatan politik pun telah diurus. Emelia menyebut pihaknya telah berkoordinasi akan hal itu.

Sementara, juru bicara KPU Provinsi NTT, Yosafat Koli mengatakan, telah menerima pemberitahuan terkait kedatangan Ganjar Pranowo. Yosafat menyampaikan, STTP dikeluarkan oleh kepolisian, di mana tembusannya kepada KPU agar juga diketahui.

Sementara untuk pengawasan akan dilakukan oleh Bawaslu. Begitu pun untuk pengamanan kampanye oleh kepolisian. Yosafat menjelaskan, saat ini belum bisa melaksanakan metode kampanye rapat umum. Metode tersebut baru bisa dilaksanakan pada 21 Januari mendatang.

"Metode sekarang pertemuan terbatas, tatap muka terbatas, pemasangan APK, medsos atau kegiatan lainnya misalnya bazaar," ucapnya.

Karena itu Bawaslu akan mengawasi kedatangan Ganjar berdasarkan STTP dari kepolisian.

"Begitu juga Bawaslu, dia melakukan pengawasan terhadap STTP itu. Jumlah orangnya berapa, metode yang digunakan apa, materinya apa dan sebagainya itu diberitahukan," tutur Yosafat.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi NTT, Nonato da Purificacao Sarmento mengatakan, pihaknya akan mengawasi pelaksanaan kampanye Ganjar.

"Tentunya proses kampanye dilakukan secara normatif dan juga tidak melakukan hal yang dilarang dalam pelaksanaan kampanye,” katanya.

Nonato menjelaskan, dalam STTP tersebut menjelaskan metode kampanye Ganjar adalah pertemuan terbatas dan bukan rapat umum.

"Hanya pertemuan tatap muka atau terbatas dengan masyarakat," katanya.

Ia menyebut, selain Ganjar, belum ada informasi lain soal kampanye yang akan dilakukan oleh dua pasangan capres lainnya.

"Kami belum dapat informasi lain, kalau STTP dikirim oleh pihak kepolisian pasti kita tahu. Untuk dua capres-cawapres kita belum dapat informasi," pungkasnya.

Terpisah, pengamat politik dari Undana, Yohanes Jimmy Nami menilai, dialog kebangsaan yang dilakukan Ganjar merupakan metode yang cukup familiar dengan Ganjar.

Menurutnya, Ganjar merupakan tokoh yang cukup populis, aktivitas publiknya sebagai kepala daerah sebelumnya memang melekat langsung dengan aktivitas masyarakat.

"Jadi hampir semua wilayah yang dikunjungi metode dialogis selalu menjadi aktivitas utama Ganjar dalam mendengar keresahan publik terkait persoalan mendasar dan juga menyampaikan visi misi politiknya sebagai capres," kata Jimmy.

Ke depan, Jimmy berharap para tokoh publik dapat familiar dengan membangun upaya-upaya dialogis dengan publik. Dengan demikian bisa berbagi ide dan gagasan yang segar dari masyarakat langsung.

"Dengan metode dialogis juga bisa saling berbagi perspektif langsung dengan masyarakat terkait model dan strategi pembangunan yang tepat sesuai dengan karakteristik dasar daerah masing-masing," pungkasnya.

Safari Politik ke Ende

Usai dari Kota Kupang, calon presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo akan melakukan safari politik ke Kabupaten Ende. Jika tidak ada halangan, Sabtu (2/12), mantan gubernur Jawa Tengah tersebut akan tiba di Ende.

Kedatangan Ganjar Pranowo disampaikan oleh Bupati Ende, Djafar Achmad disela kegiatan rakor pamong praja. Dia menyebutkan, calon presiden Ganjar Pranowo dijadwalkan akan berkunjung ke Kabupaten Ende setelah kunjungannya dari Papua, Kota Kupang dan selanjutnya akan berkunjung ke Labuan Bajo.

"Informasi ini benar, beliau akan berkunjung ke Ende dalam rangka safari politik," kata Djafar.

Terpisah, Ketua DPC PDIP Kabupaten Ende, Fransiskus Taso mengatakan, pihaknya sedang melakukan persiapan menyambut kedatangan Ganjar.

"Iya benar sekali, pak Ganjar akan berkunjung ke Ende hari Sabtu. Saat ini kita DPC PDIP Kabupaten Ende bersama dengan partai koalisi sedang melakukan persiapan menjelang kedatangan calon presiden Ganjar Pranowo," katanya.

Sekretaris DPC Partai Hanura Kabupaten Ende, Sudrasman Arifin Nuh yang dikonfirmasi mengaku, dirinya bersama partai koalisi sedang melakukan persiapan kedatangan Ganjar Pranowo.

"Benar, kami sore ini (kemarin, red) sedang melakukan pertemuan persiapan kedatangan beliau di sekretariat PDIP," jelas Sudrasman.

Dalam kunjungan tersebut, Ganjar selain akan bertemu dengan masyarakat, juga akan mengunjungi dan berziarah ke makam Yang Mulia  alm Uskup Keuskupan Agung Ende, Mgr Vincentius Sensi Potokota.

Seperti rundown yang diterima, setelah melakukan safari politik di Kota Kupang, Ganjar bertolak menuju Kabupaten Ende, Sabtu (2/12).

Ganjar akan diterima dengan tarian adat dari Sanggar Seni Ana Mamo Demulaka. Selanjutnya akan dilakukan sapaan selamat datang dengan sapaan adat oleh tokoh adat.

Selanjutnya Ganjar Pranowo bersama rombongan akan menuju taman doa Keuskupan Agung Ende untuk melakukan ziarah ke makam Mgr Vincentius Sensi Potokota.

Setelah itu, Ganjar menuju pendopo istana Keuskupan Agung Ende untuk melakukan pertemuan dengan Administrator Keuskupan Agung Ende bersama dengan para pastor.

Selepas pertemuan, bertolak menuju Situs Bung Karno dan selanjutnya menuju aula Gereja Mautapaga untuk bertemu dengan TPD dan masyarakat.

Berkaitan dengan kunjungan tersebut,  partai koalisi yakni, PDIP, Partai Hanura, Partai Perindo dan PPP telah melakukan rapat. Rapat tersebut menghadirkan pimpinan partai politik yakni ketua dan sekretaris. (cr1/kr4/ays)

  • Bagikan